Seoul (ANTARA) - Saham Korea Selatan berakhir di level terendah 13-bulan pada Senin, memimpin kerugian di antara pasar saham negara berkembang Asia karena sentimen risiko berkurang di tengah kekhawatiran Federal Reserve AS dapat mengadopsi sikap pengetatan kebijakan yang lebih agresif pada pada pertemuannya pekan ini.

Pelaku pasar berhati-hati menjelang pertemuan Komite Pasar Terbuka Federal (FOMC) yang menetapkan suku bunga, di mana beberapa analis mulai berspekulasi bahwa suku bunga akan dinaikkan untuk pertama kalinya sejak pandemi dimulai, meskipun tidak mungkin.

Ekuitas di Seoul (KOSPI) turun 1,49 persen ke penutupan terendah sejak Desember 2020, sementara saham di Mumbai (NSEI) dan Jakarta (JKSE) masing-masing turun sekitar 2,50 persen dan 1,06 persen, setelah indeks-indeks utama Wall Street merosot pada akhir pekan lalu.

"Para bankir sentral di Asia pasti akan memperhatikan (pertemuan Fed). Semakin keras The Fed mengerem, semakin banyak pejabat moneter di kawasan itu harus berbelok untuk menghindari tergelincir dari jalan," Frederic Neumann, co-head HSBC penelitian ekonomi Asia, mengatakan dalam sebuah catatan.

Bank-bank sentral di Asia tidak ditekan untuk mengejar kenaikan suku bunga seagresif rekan-rekan mereka di Eropa.

Yuan yang stabil telah memberikan ketahanan terhadap mata uang di kawasan ini di tengah penguatan dolar yang luas dan sebagian sebagai akibatnya, inflasi - meskipun meningkat, belum menyimpang di luar kendali di sebagian besar ekonomi Asia.

Namun, pengukur harga utama Singapura naik pada Desember dengan laju tercepatnya dalam hampir delapan tahun, melebihi perkiraan para ekonom, didorong oleh kenaikan tajam dalam tarif pesawat udara.

Saham di negara-kota (STI) berakhir turun 0,35 persen, sementara dolar lokal sedikit lebih tinggi.

Prospek suku bunga AS yang lebih tinggi telah membuat pembuat kebijakan regional perlu mencapai keseimbangan antara melindungi pemulihan ekonomi mereka sambil mempertahankan stabilitas dan membendung potensi arus keluar yang dapat melemahkan surplus neraca berjalan mereka.

Indeks dolar, yang mengukur greenback terhadap enam mata uang utama lainnya, stabil di 95,783, sementara yuan menguat 0,1 persen.

Mata uang Asia sebagian melemah dengan rupee India, won Korea Selatan dan peso Filipina melemah antara 0,2 persen hingga 0,5 persen.

Sementara itu, jajak pendapat Reuters menemukan ekonomi Korea Selatan kemungkinan meningkat pada kuartal terakhir, didukung oleh ekspor dan investasi yang kuat, tetapi perlambatan ekonomi di China dan melonjaknya kasus COVID-19 menimbulkan risiko yang signifikan.

Baca juga: Saham Jepang berakhir lebih tinggi, indeks Nikkei terkerek 0,24 persen
Baca juga: Saham China ditutup naik didorong pelonggaran kebijakan lebih lanjut
Baca juga: Saham Australia ditutup di terendah 8 bulan jelang pertemuan Fed AS

 

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Biqwanto Situmorang
Copyright © ANTARA 2022