Paser (ANTARA) - Sebanyak 12 orang Anak Buah Kapal (ABK) asing yang sebelumnya dinyatakan positif COVID-19 di Pelabuhan Pondong, Kaltim, saat ini telah dinyatakan sembuh.

"Kemarin, Ahad (23/1), mereka sudah selesai menjalani karantina dan telah dinyatakan sembuh," kata Petugas Surveilans dan Imunisasi pada Dinas Kesehatan Kabupaten Paser Jumain di Paser, Senin.

Dikatakannya, saat ini mereka sudah melakukan aktivitas rutin sebagai pekerja kapal.

"Informasi yang kami terima hanya sebatas pada keterangan bahwa mereka sudah dinyatakan sembuh, soal bagaimana keberadaan mereka atau aktivitas selanjutnya, kami tidak sampai ke sana," ucapnya.

Baca juga: Bakamla bantu ABK kapal Amerika terpapar COVID-19

Baca juga: KKP: 20 ABK kapal asal Vietnam positif COVID-19 di Muara Berau


Sebelumnya, 12 ABK Kapal MV Ocean Treasure berbendera Hong Kong, pada Rabu (12/1), lalu dinyatakan positif COVID-19 setelah menjalani pemeriksaan dari salah satu rumah sakit di Balikpapan.

Mereka kemudian dikarantina di kapal yang berada di tengah laut di Teluk Adang Bai, Kecamatan Kuaro Kabupaten Paser, Kaltim. Dengan tujuan untuk menghindari interaksi dengan masyarakat.

Saat ini Kabupaten Paser masih berada dalam zona kuning. Masih ada empat kasus terkonfirmasi positif COVID-19 yang masih menjalani karantina

Dengan rincian dua orang di Kecamatan Tanah Grogot dan Kecamatan Batu Kajang dan dua orang dari Kecamatan Long Ikis.

"Untuk warga Long Ikis, mereka dalam perjalanan dari Jakarta menuju ke Kabupaten Paser. Mereka menjalani isolasi di sana," katanya.*

Baca juga: Baharkam Polri dukung vaksinasi jemput nelayan-ABK saat berlayar

Baca juga: TNI AL datangi ABK di kapal-kapal untuk divaksin COVID-19

Pewarta: Gunawan Wibisono/R.Wartono
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2022