Jakarta (ANTARA) - Tim WithU RNF Racing Yamaha di teater di Verona, Italia, pada Senin menyibak tirai yang menutupi motor baru mereka untuk mengarungi musim MotoGP dan MotoE 2022.

Setelah ditinggal Petronas sebagai sponsor utamanya pada akhir 2021, tim SRT melanjutkan perjalanannya di MotoGP dengan brand baru yaitu RNF Racing dan menggandeng sponsor asal Italia WithU.

Tim independen Yamaha itu akan diperkuat oleh pebalap Italia yang sudah berpengalaman Andrea Dovizioso dan rookie Darryn Binder yang dipromosikan dari kelas Moto3 ke MotoGP tahun ini.

"Target kami tahun ini adalah menjadi kompetitif, mengejutkan setiap orang dan melakukan yang terbaik untuk meraih tujuan kami," kata pendiri dan kepala tim RNF Yamaha Razlan Razali dalam laman resmi Yamaha.

Baca juga: Yamaha: Morbidelli segera ke tim pabrikan, Dovizioso ke Petronas SRT

Binder menjadi pebalap kedua dalam sejarah MotoGP yang berani meloncat kelas dari Moto3 langsung ke MotoGP.

Sang pebalap Afrika Selatan merasakan selebrasi kemenangan pertamanya di tingkat dunia saat berjaya di Catalunya pada 2020 dan membawa pulang lima podium tambahan setelah itu dalam kariernya di Moto3.

Motor YZR-M1 yang dibalut livery baru akan diuji Binder untuk pertama kalinya di sesi shakedown di Sepang sebelum ia dan Dovizioso menjalani sesi tes pramusim pada 5-6 Februari di sirkuit Malaysia itu.

"Untuk musim 2022 ini, kami bertujuan menjadi yang terbaik setidaknya di antara tim independen.

Baca juga: Yamaha-Vinales resmi berpisah di tengah musim MotoGP 2021

"Kami ingin bertarung untuk gelar Rookie terbaik tahun ini, meskipun kami tahu itu adalah tantangan yang sangat besar saat ada lima rookie pada 2022 dan Darryn menjadi satu-satunya dari mereka yang meloncat dari Moto3 ke MotoGP," kata Razali.

Sedangkan Dovizioso, kata Razali, juga akan perlu membuktikan dirinya masih kompetitif setelah sempat menjalani jeda hampir satu musim kompetitisi ketika ia mengambil "cuti" dari MotoGP pada 2021.

"Dia pastinya ingin membuktikan tidak hanya kepada dirinya sendiri, tapi setiap orang, bahwa dia masih memiliki motivasi, pengalaman dan dorongan untuk bertarung di kejuaraan dunia," kata Razali.

Dovi kembali berkompetisi di MotoGP setelah menjalani lima balapan di pengujung musim 2021 bersama tim SRT mengendarai motor Yamaha yang berusia dua tahun milik Franco Morbidelli, setelah kompatriot senegaranya itu dipromosikan ke tim pabrikan Yamaha untuk menggantikan Maverick Vinales yang hengkang ke Aprilia.

Baca juga: Dovizioso "comeback" ke MotoGP, bela Petronas Yamaha mulai di Misano

Setelah kehilangan bangkunya di Ducati pada akhir 2020, Dovi, yang merupakan runner-up tiga kali MotoGP itu menjalani tes bersama Aprilia di masa cutinya dari kompetisi, sebelum diberi kesempatan oleh tim SRT.

Ia mencetak poin di empat dari lima balapan yang ia jalani tahun lalu, dengan hasil finis terbaik P12 di Valencia.

Dovi akan mengendarai motor spek pabrikan Yamaha 2022 setelah menandatangani kontrak langsung dengan Yamaha.

Sedangkan Binder akan menjadi pilot M1 spek 2021.

RNF juga telah menyatakan komitmennya meramaikan MotoGP hingga 2026 setelah menandatangani kontrak dengan Dorna Sports.

Pewarta: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2022