MotoGP

Dovizioso perlu buktikan diri layak bertarung di MotoGP 2022

Dovizioso perlu buktikan diri layak bertarung di MotoGP 2022

Pebalap tim Yamaha RNF Darryn Binder dan Andrea Dovizioso. ANTARA/HO VIA YAMAHA RACING.

Jakarta (ANTARA) - Pebalap Italia Andrea Dovizioso akan membalap satu tahun penuh di MotoGP 2022 bersama tim RNF Yamaha dan perlu membuktikan dirinya masih memiliki motivasi dan dorongan untuk bertarung di kejuaraan dunia tersebut.

Setelah kehilangan bangkunya di Ducati pada akhir 2020, Dovi, yang merupakan runner-up tiga kali MotoGP itu menjalani tes bersama Aprilia di masa cutinya dari kompetisi, sebelum diberi kesempatan oleh tim SRT.

Dovi kembali berkompetisi di MotoGP setelah menjalani lima balapan di pengujung musim 2021 bersama tim SRT mengendarai motor Yamaha yang berusia dua tahun milik Franco Morbidelli, setelah kompatriot senegaranya itu dipromosikan ke tim pabrikan Yamaha untuk menggantikan Maverick Vinales yang hengkang ke Aprilia.

Baca juga: Rossi sambut hangat Dovizioso sebagai rekan barunya di SRT

Ia mencetak poin di empat dari lima balapan yang ia jalani tahun lalu, dengan hasil finis terbaik P12 di Valencia.

Setelah ditinggal Petronas sebagai sponsor utamanya pada akhir 2021, tim SRT melanjutkan perjalanannya di MotoGP dengan brand baru yaitu RNF Racing menggandeng sponsor asal Italia WithU yang pada Senin resmi meluncurkan livery motor baru mereka di suatu teater di Verona, Italia.

"Saya sangat siap untuk musim ini," kata Dovi dikutip laman resmi Yamaha.

"Saya sangat senang memulai musim penuh ini setelah lima balapan uji coba tahun lalu, yang sangat penting untuk memulai lebih dini dengan Yamaha, motor yang berbeda dari yang saya gunakan dalam delapan musim sebelumnya.

"Saya yakin ini akan sangat membantu saya mendekati tes dan balapan pada 2022 dengan cara yang baik. Saya lebih tahu soal motor ini, tentang engineer dan tim secara umum."

Baca juga: Dovizioso "comeback" ke MotoGP, bela Petronas Yamaha mulai di Misano

Dovi akan ditemani rookie Darryn Binder, yang menjadi pebalap kedua dalam sejarah MotoGP yang meloncat kelas dari Moto3 langsung ke MotoGP.

Pendiri dan kepala tim Yamaha RNF Razlan Razali tak meragukan pengalaman yang dimiliki Dovi selama kariernya membalap di MotoGP namun ia ingin melihat apakah sang pebalap senior itu masih bertaji.

"Bagi Andrea, masih banyak yang perlu ia buktikan setelah kembali lebih dari enam bulan cuti," kata Razali.

"Dia tentunya ingin membuktikan tidak hanya kepada dirinya, tapi setiap orang, bahwa dia masih memiliki motivasi, pengalaman dan dorongan untuk bertarung di kejuaraan dunia ini."

Dovi akan mengendarai motor spek pabrikan Yamaha 2022 setelah menandatangani kontrak langsung dengan Yamaha.

Sedangkan Binder akan menjadi pilot M1 spek 2021.

RNF juga telah menyatakan komitmennya meramaikan MotoGP hingga 2026 setelah menandatangani kontrak dengan Dorna Sports.

Kedua pebalap akan memiliki kesempatan pertama menguji motor baru mereka di sesi tes pramusim pada 5-6 Februari di Sepang, Malaysia.

Baca juga: Yamaha RNF luncurkan livery baru untuk MotoGP 2022
 

Pewarta: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Editor: Teguh Handoko
COPYRIGHT © ANTARA 2022

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar