Saya benar-benar tidak sabar lagi, ini akan luar biasa, saya sangat bersemangat untuk musim pertama saya di MotoGP
Jakarta (ANTARA) - Pebalap Afrika Selatan Darryn Binder siap mengembangkan diri secara bertahap saat ia menjalani musim debutnya di MotoGP bersama tim Yamaha RNF.

Binder menjadi pebalap kedua dalam sejarah yang melompat kelas dari Moto3 langsung ke MotoGP.

Selama tujuh tahun berkiprah di Moto3, Binder tercatat telah enam kali naik podium termasuk merayakan kemenangan pertamanya di Catalunya pada 2020.

Baca juga: Dovizioso perlu buktikan diri layak bertarung di MotoGP 2022

Binder akan menjadi tandem runner-up MotoGP tiga kali Andrea Dovizioso pada musim ini di tim yang merupakan jelmaan dari tim SRT.

Setelah ditinggal Petronas sebagai sponsor utamanya pada akhir 2021, tim SRT melanjutkan perjalanannya di MotoGP dengan brand baru yaitu RNF Racing dan menggandeng sponsor asal Italia WithU sebelum melakukan peluncuran livery motor baru mereka di sebuah teater di Verona, Italia pada Senin waktu setempat.

"Saya benar-benar tidak sabar lagi, ini akan luar biasa, saya sangat bersemangat untuk musim pertama saya di MotoGP," kata Binder dikutip laman resmi Yamaha.

"Tujuan kami adalah melakukannya selangkah demi selangkah. Tentunya dari Moto3 ke MotoGP adalah lompatan yang besar dan saya ingin secara bertahap dan berkembang sejauh yang saya bisa.

"Saya tidak ingin melakukan sesuatu yang terlalu 'gila', melainkan mengambil selangkah demi selangkah dan naik secara perlahan tapi pasti."

Baca juga: Yamaha RNF luncurkan livery baru untuk MotoGP 2022

Binder akan mengendarai YZR-M1 spesifikasi 2021 dan mendapat kesempatan pertamanya menjajal motor barunya itu di sesi shakedown di Sepang sebelum menjalani tes pramusim pada 5-6 Februari di trek Malaysia itu.

Sementara Dovi akan dipersenjatai motor M1 spesifikasi 2022 setelah sang pebalap Italia menandatangani kontrak langsung dengan Yamaha.

"Untuk musim 2022 ini, kami bertujuan menjadi yang terbaik setidaknya di antara tim independen," kata pendiri dan kepala tim Razlan Razali.

"Kami ingin bertarung untuk gelar Rookie terbaik tahun ini, meskipun kami tahu itu adalah tantangan yang sangat besar saat ada lima rookie pada 2022 dan Darryn menjadi satu-satunya dari mereka yang meloncat dari Moto3 ke MotoGP," kata Razali.

Sebagai tim baru, RNF juga telah menyatakan komitmennya meramaikan MotoGP hingga 2026 setelah menandatangani kontrak dengan Dorna Sports.

Baca juga: Logistik MotoGP untuk tes pra-musim tiba di Lombok 7-8 Februari

Pewarta: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2022