BAFTA bentuk komite penghargaan khusus usai skandal Noel Clarke

BAFTA bentuk komite penghargaan khusus usai skandal Noel Clarke

Piala penghargaan BAFTA terlihat pada malam pembukaan EE BAFTA Film Awards selama British Academy Film Awards ke-74 di Royal Albert Hall di London, Inggris, 10 April 2021. ANTARA/BAFTA/Scott Garfitt/Handout via REUTERS.

Jakarta (ANTARA) - Organisasi British Academy of Film and Television Arts (BAFTA) membentuk komite utama yang akan meninjau kandidat untuk penghargaan khusus, menyusul kontroversi calon penerima penghargaan Noel Clarke yang terjadi pada tahun lalu.

Komite utama tersebut akan dibentuk pada Maret dan bertugas untuk meninjau kandidat sebelum menyerahkan nama ke dewan BAFTA. Sebelumnya, nominasi oleh komite sektor langsung diajukan ke dewan untuk diratifikasi.

Baca juga: Animasi "Soul" raih "Best Original Score" dalam BAFTA 2021

“BAFTA telah melakukan tinjauan yang panjang, bijaksana, dan menyeluruh terhadap penghargaan khusus, termasuk berkonsultasi dengan pihak industri yang ekstensif,” kata BAFTA, dikutip dari Variety pada Selasa.

Organisasi tersebut mengatakan pihaknya masih menangguhkan pemberian penghargaan khusus, yang mencakup “BAFTA Fellowship” dan “Outstanding British Contribution to Cinema Award”, dalam acara British Academy Film Awards yang dijadwalkan pada 13 Maret.

BAFTA juga menangguhkan penghargaan khusus untuk acaranya di British Academy Games Awards pada April.

Meski demikian, organisasi itu akan memperkenalkan kembali penghargaan khusus dalam acara British Academy Television Awards pada Mei.

Pada April tahun lalu, BAFTA mendapatkan kritik karena memberi penghargaan “Outstanding British Contribution to Cinema Award” untuk Clarke yang disiarkan di televisi, hanya beberapa minggu sebelum ia menghadapi sejumlah tuduhan pelecehan seksual.

The Guardian melaporkan bahwa BAFTA mengetahui tentang tuduhan tersebut hampir dua minggu sebelum penghargaan film. Sementara BAFTA mengatakan bahwa tuduhan tersebut tidak disajikan dengan bukti yang cukup untuk penyelidikan atas Clarke.

Akhirnya BAFTA menghentikan distribusi penghargaan khusus pada Juni 2021 dan melakukan tinjauan ulang terhadap proses pemilihan kandidat.

Hingga kini belum ada gambaran rinci mengenai komite baru, namun akan terdiri dari beragam perwakilan yang lebih luas. Komite baru ini berperan untuk mendukung komite sektor dan turut mengawasi daftar calon penerima penghargaan khusus


Baca juga: Critics Choice Awards 2022 digelar bersamaan dengan BAFTA

Baca juga: "Spider-Man: No Way Home" gagal masuk BAFTA karena masalah submisi

Baca juga: BAFTA dan SAG Awards 2022 mungkin akan dihelat secara luring

Penerjemah: Rizka Khaerunnisa
Editor: Ida Nurcahyani
COPYRIGHT © ANTARA 2022

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar