Jakarta (ANTARA) - China telah merencanakan kebijakan administratif yang diperlukan untuk mengurangi polusi kendaraan dan industri di Beijing serta provinsi Hebei demi memastikan kualitas udara yang lebih baik selama Olimpiade Musim Dingin mendatang.

Perihal rencana peningkatan kualitas udara itu disampaikan oleh Kementerian Ekologi dan Lingkungan China pada Senin (24/1).

Pembatasan administratif akan ditargetkan pada perusahaan dan kendaraan yang menghasilkan polusi dan emisi berat tetapi berdampak kecil pada ekonomi, kata Liu Youbin, juru bicara kementerian tersebut.

Liu mengatakan bahwa kebijakan pengendalian polusi harus tepat dan ilmiah. Dia menambahkan bahwa upaya tersebut harus meminimalkan dampak pada operasi ekonomi dan sosial, terutama yang berkaitan dengan mata pencaharian, pasokan energi, kebutuhan rumah tangga, serta pencegahan dan pengendalian epidemi.

Olimpiade Musim Dingin Beijing 2022 dijadwalkan berlangsung pada 4-20 Februari, lalu dilanjutkan dengan Paralimpiade.

Kampanye Kementerian Ekologi dan Lingkungan China untuk menangani polusi udara pada musim gugur dan musim dingin di Beijing dan daerah sekitarnya berhasil membuat kemajuan, kata Liu.

Ia juga mencatat bahwa kepadatan polutan partikel halus (PM2,5) di Beijing turun menjadi 33 mikrogram per meter kubik pada 2021 dari 89,5 mikrogram per meter kubik pada 2013.
 

Penerjemah: Xinhua
Editor: Yuni Arisandy Sinaga
Copyright © ANTARA 2022