Kabar terkini pandemi COVID-19 dunia

Kabar terkini pandemi COVID-19 dunia

Orang-orang antre saat mengikuti tes COVID-19 di New York City, Amerika Serikat, Senin (3/1/2022). Kasus baru COVID-19 di Amerika Serikat telah tembus angka satu juta dalam sehari. ANTARA FOTO/REUTERS/Carlo Allegri/wsj

Jakarta (ANTARA) - Berikut ini adalah kabar terbaru terkait pandemi COVID-19 dari berbagai belahan dunia.

Asia-Pasifik

* Kasus harian COVID-19 di Korea Selatan menembus angka 8.000 untuk pertama kalinya, ketika varian Omicron menyebar dengan cepat meskipun pemerintah telah memperluas pembatasan sosial yang ketat.

* Jepang akan menambah lebih dari dua kali lipat jumlah wilayah yang menerapkan aturan COVID-19 lebih ketat pada Selasa. Negara itu berupaya mengubah strategi untuk melawan Omicron yang telah memicu rekor jumlah kasus.

* Lebih dari 20 kasus COVID-19 telah ditemukan di antara kru kapal perang Australia yang dijadwalkan akan tiba di Tonga pada Rabu (26/1) untuk mengirim bantuan kemanusiaan, kata pemerintah Australia. Tonga, yang baru dilanda bencana letusan gunung dan tsunami, adalah salah satu negara yang bebas dari virus corona.

Baca juga: Bantuan dari Australia, Selandia Baru segera tiba di Tonga

Timur Tengah dan Afrika

* Menteri Kesehatan Israel mengatakan dirinya tidak berpikir Israel akan menawarkan dosis keempat vaksin COVID-19 pada sebagian besar orang setelah pemerintah memutuskan untuk memberikannya kepada warga berusia di atas 60 tahun dan kelompok rentan lainnya.

Amerika

* Regulator kesehatan Amerika Serikat merevisi izin penggunaan darurat bagi obat-obat antibodi COVID-19 dari Regeneron dan Eli Lilly sehingga penggunaannya dibatasi, karena obat-obat tersebut sepertinya tidak ampuh melawan varian Omicron.

* Brazil melaporkan 83.340 kasus baru dalam 24 jam terakhir dan 259 kematian akibat COVID-19, kata kementerian kesehatan negara itu pada Senin (24/1).

* Chile, salah satu negara dengan tingkat vaksinasi COVID-19 tertinggi di dunia, telah sepakat untuk membeli dua juta dosis vaksin Moderna, kata menteri kesehatan sementara, Maria Teresa Valenzuela.

* Seorang hakim di New York membatalkan aturan wajib masker di negara bagian itu, sepekan sebelum masa penerapannya berakhir. Dia menilai Gubernur New York melampaui kewenangannya saat memberlakukan aturan tanpa persetujuan badan legislatif setempat.

Baca juga: Apple tutup semua toko di New York akibat kenaikan kasus COVID-19

Eropa

* Kepala WHO memperingatkan bahwa adalah hal yang berbahaya jika menganggap Omicron sebagai varian yang mengakhiri fase paling akut dari COVID-19. Dia mendesak negara-negara di dunia untuk tetap fokus mengatasi pandemi.

* Jerman memperpanjang masa pembatasan COVID-19 setelah panel ahli yang ditunjuk pemerintah memperingatkan bahwa varian Omicron bisa menghancurkan sektor-sektor penting di negara ekonomi terbesar di Eropa itu.

Perkembangan Medis

* Omicron bisa bertahan lebih lama di permukaan plastik dan kulit manusia daripada varian-varian sebelumnya, menurut temuan peneliti Jepang dalam uji coba laboratorium.

* Dosis ketiga vaksin COVID-19 buatan AstraZeneca, Pfizer-BioNTech atau Johnson & Johnson meningkatkan kadar antibodi secara signifikan pada mereka yang telah menerima dua dosis vaksin CoronaVac buatan Sinovac, menurut temuan sebuah penelitian.

Sumber: Reuters

Baca juga: Obat generik COVID-19 akan diproduksi 27 perusahaan farmasi

 

Bio Farma kembangkan vaksin BUMN untuk dijadikan 'booster'

Penerjemah: Anton Santoso
Editor: Tia Mutiasari
COPYRIGHT © ANTARA 2022

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar