Jakarta (ANTARA) - Perusahaan travel dan layanan dukungan haji maupun umrah Arsy Buana Travelindo (ABT Travel) memfasilitasi Asosiasi Muslim Penyelenggara Haji dan Umrah Republik Indonesia (Amphuri) yang memberangkatkan 153 jemaah umrah pada Selasa (25/1) melalui program Join Umrah Community (JUC).

Keberangkatan kali ini merupakan gabungan dari perusahaan Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umrah (PPIU) yang terhimpun sebagai anggota Koperasi Amphuri Bangkit Melayani (Koperasi ABM) di bawah naungan Amphuri. Untuk pemberangkatannya, Koperasi ABM mempercayakan jasa layanan (hotel, akomodasi, dan land arrangement) melalui program JUC yang diinisiasi ABT Travel.

"Terima kasih atas kepercayaan dari Koperasi ABM yang telah memberangkatkan jemaahnya melalui program Join Umrah Community,” ujar Direktur Utama ABT Travel, Saipul Bahri melalui siaran resmi pada Selasa.

Baca juga: Malaysia akan bahas prosedur umrah pada Februari

Baca juga: Asrama Haji Bekasi disiapkan jadi lokasi karantina jamaah umrah


“Dengan pemberangkatan umrah melalui JUC, diharapkan dapat meningkatkan omset penjualan ABT Travel dan kembali menghidupkan usaha perjalanan ibadah umrah di Indonesia” papar Saipul.

Sebelumnya, ABT Travel telah melakukan perjanjian kerja sama dengan sejumlah hotel, baik di Makkah dan Madinah. ABT Travel juga baru saja menandatangani kontrak dengan hotel Ajyad Makarim untuk memfasilitasi paket kelas menengah. Hal itu diharapkan bisa menjawab kebutuhan PPIU selama perjalanan.

Dalam program keberangkatan kali ini, Koperasi ABM memberangkatkan 15 PPIU yang mencakup Travellina, Maghfirah, Dewangga, Rabbani, Duta Mulia, Khalifah Suci, dan Aljasiyah. Lalu, Anata, MWR Tour, Mubina Rendi, Rima, Diva, dan Gardi. Selain itu, Larayba, TL Tour, dan Thaibah.

“Kami sangat apresiasi pelayanan yang diberikan oleh JUC dan ini adalah group kedua Koperasi ABM menggunakan JUC sejak umrah dibuka di masa pandemi ini, mudah-mudahan dapat terus terjalin kerjasama antara Koperasi ABM dan JUC” ujar Ketua Koperasi ABM Amalaudin Wahab.

Saat ini, ABT Travel mengelola beberapa hotel di Makkah dan Madinah, antara lain Le Meridien, Elaf Mashaer, Fajr Badee, Mawadah Sofwa, dan Sham Province, dengan total kamar mencapai 889 per bulan. Di bisnis tiket, ABT Travel menjalin kerja sama dengan Citilink dan Etihad.

Adapun mitra dari sektor PIHK dan PPIU antara lain Madinah Iman Wisata, Sarana Umrah Haji, Satriani, Bastour, El Amien Tours, Forum Travel Partner Indonesia, Al Razafa Group, serta Paksi Tours dan Travel.

Baca juga: Rumah terbalik resmi dibuka untuk umum di Kolombia

Baca juga: Wujudkan travel bubble RI-Singapura, pelaku wisata divaksinasi penguat

Baca juga: Indonesia siapkan skenario gelembung perjalanan selama Presidensi G20

Pewarta: Alviansyah Pasaribu
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2022