Makassar (ANTARA) - Sebanyak tiga calon Rektor Universitas Hasanuddin mengikuti penarikan nomor urut yang digelar di Ruang Rapat A, Lantai 4 Gedung Rektorat Unhas, Makassar, Selasa.

Dari proses tersebut kemudian diperoleh nomor urut yakni Prof Dr Farida Patittingi, SH M Hum (Nomor Urut 1), Prof dr Budu, PhD Sp.M(K), MMedEd (Nomor Urut 2) dan Prof Dr Ir Jamaluddin, MSc mendapatkan nomor urut 3.

Ketua P2R Unhas Prof Dr Syamsul Bahri SH MHum, mengatakan pemilihan Rektor Unhas Periode 2022-2026 oleh Majelis Wali Amanat (MWA) akan digelar pada Kamis, 27 Januari 2022. Jadwal ini sesuai keputusan Panitia Pemilihan Rektor (P2R) yang telah mendapatkan persetujuan MWA.

Ia menjelaskan, prosedur pemilihan dan penetapan Rektor Unhas Periode 2022-2026. Prosesnya akan digelar melalui Sidang Paripurna MWA yang akan dihadiri oleh seluruh anggota MWA yang berjumlah 19 orang.

Baca juga: FKG Unhas selenggarakan operasi bibir sumbing peringati HUT ke-39

Baca juga: Unhas sosialisasikan SNMPTN, SBMPTN dan Jalur Mandiri Tahun 2022


"Akan ada pemaparan dan pendalaman visi misi masing-masing calon rektor sebelum pemilihan juga untuk memudahkan proses pemilihan, maka masing-masing calon perlu mempunyai nomor urut," kata Prof Syamsul.

Sesuai ketentuan, kata dia, hanya 17 anggota MWA yang mempunyai hak suara dalam pemilihan. Mendikbudristek adalah anggota MWA dengan bobot suara 35 persen dari total.

"Kami telah berkonsultasi dengan Kementerian, dimana konversi suara menteri setara dengan 9 suara. Artinya, seluruh suara adalah 16 ditambah sembilan menjadi 25 suara," kata Prof Syamsul.

Proses pemilihan akan diawali dengan pemaparan kertas kerja oleh masing-masing calon. Kemudian akan berlangsung sesi tanya jawab dari anggota MWA.

"Kita menyepakati acara pemaparan visi misi akan dipandu oleh Prof. Irawan Jusuf. Seluruh anggota MWA telah mengkonfirmasi kehadirannya. Sementara menteri akan diwakili oleh Kepala Biro SDM Kemendikbudristek," ujarnya.

Pengundian nomor urut dimulai oleh calon rektor berdasarkan urutan alfabet nama calon rektor. Para calon kemudian mengambil nomor urut secara acak melalui wadah yang telah disiapkan panitia.

Usai penarikan nomor urut calon Rektor Unhas Periode 2022-2026, dilanjutkan dengan rapat persiapan oleh P2R untuk mempersiapkan proses pemilihan rektor.*

Baca juga: Guru Besar Unhas: Pembuktian obat tradisional jadi tantangan

Baca juga: Unhas raih dua penghargaan ajang Anugerah Humas Diktiristek

Pewarta: Abdul Kadir
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2022