Tenis

Nadal selamat dari laga lima set menuju semifinal Australian Open

Nadal selamat dari laga lima set menuju semifinal Australian Open

Petenis Spanyol Rafael Nadal merayakan kemenangannya atas petenis Kanada Denis Shapovalov dalam laga perempat final tunggal putra Australia Terbuka di Melbourne Park, Melbourne, Australia, Selasa (25/1/2022). ANTARA FOTO/REUTERS/Loren Elliott/foc.

Hari ini sangat berat
Jakarta (ANTARA) - Tinggal dua pertandingan lagi bagi Rafael Nadal untuk meraih rekor gelar Grand Slam ke-21 setelah menang dalam pertempuran perempat final lima set atas Denis Shapovalov di Australian Open, Selasa.

Unggulan keenam asal Spanyol itu mengalahkan unggulan ke-14 asal Kanada 6-3, 6-4, 4-6, 3-6, 6-3 dalam empat jam delapan menit yang mendebarkan di Rod Laver Arena untuk maju ke semifinal ketujuhnya di Melbourne, tempat dia akan menghadapi Matteo Berrettini atau Gael Monfils.

Pertandingan tersebut merupakan kemenangan sulit bagi Nadal atas petenis berusia 22 tahun itu, yang bangkit dari kekalahan dua set langsung dari unggulan ketiga Alexander Zverev.

Baca juga: Denis singkirkan Zverev untuk hadapi Nadal di perempat final Melbourne

"Hari ini sangat berat. Sejujurnya saya tidak berlatih untuk itu," kata Nadal, dikutip dari AFP.

"Denis bermain bagus. Dia sangat berbakat, sangat agresif, dan servisnya hebat. Luar biasa bisa berada di semifinal."

Legenda tenis Spanyol itu memiliki catatan yang sama dengan rival besarnya Roger Federer dan Novak Djokovic dengan 20 gelar major. Sementara Djokovic dideportasi karena masalah vaksinasi dan Federer mengalami cedera, ada peluang besar bagi Nadal untuk berada di puncak.

Nadal, juara Australian Open 2009, mengalami musim 2021 yang buruk karena cedera kaki kronis yang diikuti oleh serangan COVID-19 pada Desember.

Dia melaju untuk memimpin dua set tetapi tampak terhambat oleh masalah perut sebelum akhirnya selamat dari perlawanan penuh semangat Shapovalov.

Baca juga: Nadal amankan posisinya ke perempat final Australian Open 2022

"Perut saya mulai tidak enak. Mereka memeriksa semua baik-baik saja dengan tubuh saya," kata Nadal yang mendapat perawatan medis di set keempat.

"Saya minum beberapa tablet untuk mencoba dan memperbaiki perut saya."

Nadal tampak berada di jalurnya untuk kemenangan tiga set langsung sebelum Shapovalov membalas untuk membawa pertandingan perempat final tersebut ke klimaks set penentuan yang mendebarkan.

Nadal mematahkan servis gim pembuka Shapovalov dan bertahan untuk meraih kemenangan. Petenis Kanada yang penuh semangat itu membanting raketnya ke lapangan dengan marah karena kalah dalam pertempuran epik tersebut.

Sempat terjadi pertengkaran sengit di awal set kedua saat Shapovalov terdengar menyebut wasit Carlos Bernardes "korup."

Baca juga: Nadal lolos ke babak keempat, makin dekat dengan rekor Grand Slam

Nadal dirasa mengambil banyak waktu di antara servis dan Shapovalov yakin petenis Spanyol itu pantas mendapat peringatan pelanggaran waktu.

"Anda sudah lama melihat jam dan dia masih belum siap untuk bermain. Anda harus memberi kode padanya," Shapovalov mengeluh.

"Dia belum siap bermain," jawab Bernardes.

"Apakah Anda bercanda? Anda semua korup," kata orang Kanada itu.

Nadal bertanya kepada Shapovalov apa yang salah dan keduanya berdiskusi singkat di net untuk menenangkan situasi.

Baca juga: Tsitsipas lalui laga lima set melelahkan menuju perempat final

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Fitri Supratiwi
COPYRIGHT © ANTARA 2022

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar