London (ANTARA News) - KBRI Brussel, bekerjasama dengan Universitas Indonesia, menyelenggarakan Seleksi Masuk Universitas Indonesia (SIMAK UI) di Brussel yang hasilnya akan diumumkan pada tanggal 24 Juli mendatang.

Minister Counsellor Pensosbud & Diplik KBRI Brusel, Palupi S Mustajab kepada Antara London, Jumat menyebutkan SIMAK UI merupakan seleksi penerimaan mahasiswa yang diselenggarakan secara mandiri oleh UI dan terpisah dari Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN).

Menurut Palupi, SIMAK UI yang dilaksanakan di kantor KBRI Brussel itu merupakan yang pertama di Eropa, dan dimaksudkan untuk mengakomodasi keinginan pelajar Indonesia tingkat sekolah menengah atas di Belanda, Stockholm, dan Venezuela untuk melanjutkan studi di UI.

Sebelumnya, Panitia SIMAK UI yang diwakili Karyaman Muchtar juga telah mengadakan sosialisasi mengenai program studi dan jenis kelas yang diselenggarakan oleh UI, ujarnya.

Dikatakannya saat ini UI telah memiliki kelas internasional di beberapa program studi, yaitu kedokteran, teknik, ekonomi, dan psikologi.

Kelas-kelas internasional tersebut diselenggarakan bekerjasama dengan beberapa universitas penting di luar negeri seperti Monash University, Queensland Univesity dan Melbourne University dari Australia serta Tilburg University dan Amsterdam University dari Belanda.  (ZG/B012/K004)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2011