60 RPTRA di Jaksel disiapkan jadi lokasi vaksinasi "booster"

60 RPTRA di Jaksel disiapkan jadi lokasi vaksinasi "booster"

Salah satu warga mendapat layanan vaksinasi booster disediakan di RPTRA Sawo, Cipete Utara, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Senin, (24/1/2022). ANTARA/HO-Sudin Kominfo Jakarta Selatan

disertai penerapan protokol kesehatan secara ketat
Jakarta (ANTARA) -
Pemerintah Kota Jakarta Selatan (Pemkot Jaksel) menyiapkan sebanyak 60 Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) di wilayah tersebut untuk menjadi lokasi vaksinasi dosis ketiga (booster).

Kepala Suku Dinas Pemberdayaan, Perlindungan Anak dan Pengendalian Penduduk (PPAPP) Jakarta Selatan, Fathur Rohim di Jakarta, Selasa, mengatakan penunjukan RPTRA yang tersebar di 10 kecamatan itu merupakan salah satu upaya mendukung percepatan vaksinasi.

"Pemanfaatan 60 RPTRA di Jakarta Selatan menjadi salah satu lokasi sentra vaksinasi booster dalam rangka mendukung percepatan vaksinasi di Ibu Kota. Pemanfaatan RPTRA menjadi lokasi sentra vaksinasi disertai penerapan protokol kesehatan secara ketat," ujarnya.

Menurut dia, pemanfaatan RPTRA sebagai lokasi vaksinasi bukan yang pertama kali dilakukan, karena sebagian besar RPTRA khususnya yang berada di kawasan permukiman padat penduduk selama ini telah difungsikan sebagai sentra vaksinasi umum.

Baca juga: DKI upayakan penambahan lokasi vaksinasi booster

Di sisi lain, Fathur memastikan ratusan petugas pengelola RPTRA akan dikerahkan sebagai petugas administrasi layanan vaksin.

"Pengelola RPTRA difungsikan untuk membantu saat digelar layanan vaksinasi di RPTRA yakni, petugas pendataan dan sebagainya. Kami juga menurunkan empat penyuluh keluarga berencana yang memiliki ilmu kebidanan menjadi tenaga vaksinasi di sentra vaksin," tuturnya.

Kendati telah dibuka sebagai sentra vaksinasi, Fathur mengungkapkan bahwa puluhan RPTRA itu belum dapat digunakan untuk kepentingan umum.

"Selama ditutup untuk umum, RPTRA hanya difungsikan menjadi lokasi sentra vaksinasi booster," katanya.

Baca juga: Pemkot Jakarta Selatan perluas layanan vaksinasi "booster" di RPTRA
 

Pewarta: Sihol Mulatua Hasugian
Editor: Edy Sujatmiko
COPYRIGHT © ANTARA 2022

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar