Selain mengurangi impor elpiji, proyek dimetil eter Tanjung Enim ini juga membuka lapangan kerja baru sekitar 12 ribu orang, serta membangun ekonomi di wilayah Sumatera Selatan
Jakarta (ANTARA) - PT Pertamina (Persero) berkomitmen untuk mulai menggarap proyek hilirisasi batu bara menjadi dimetil eter atau DME di Tanjung Enim, Sumatera Selatan, sesuai dengan arahan yang disampaikan oleh Presiden Joko Widodo.

"Setelah Pertamina sukses menjalankan program B30 yang menggunakan sumber energi dari kelapa sawit yang berlimpah di Indonesia, kami akan menyerap DME dari batu bara dalam negeri. Produksi DME dari Tanjung Enim ini diestimasikan akan mengurangi impor elpiji Rp7 triliun per tahun," kata Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati dalam keterangannya di Jakarta, Selasa.

Proyek kerja sama strategis antara PT Bukit Asam Tbk, PT Pertamina (Persero), dan Air Product Chemicals Inc (APCI) ini dalam rangka meningkatkan kemandirian energi Indonesia melalui penggunaan sumber daya alam dalam negeri serta mengurangi ketergantungan pada impor elpiji yang saat ini mencapai 80 persen dari total konsumsi elpiji nasional atau sekitar 6,4 juta ton dari 7,95 juta ton elpiji.

Nicke menegaskan bahwa Pertamina mendukung penuh upaya pemerintah dalam meningkatkan penggunaan sumber energi dalam negeri sekaligus pengembangan energi baru untuk mewujudkan kemandirian energi nasional.

Perseroan akan menerapkan teknologi carbon capture, utilization, and storage (CCUS) untuk mengurangi karbon emisi yang dihasilkan dari proses gasifikasi batu bara.

Karbon dioksida yang dihasilkan dari proses itu akan diinjeksi ke dalam reservoir dari sumur-sumur minyak dan gas bumi di wilayah Sumatera Selatan yang dikelola oleh Grup Pertamina.

Dimetil eter dari Tanjung Enim akan didistribusikan ke masyarakat di enam wilayah, yaitu Riau, Sumatera Barat, Jambi, Sumatera Selatan, Bengkulu, Lampung yang diprediksi sekitar 6,3 juta kepala keluarga.

Dalam menjalankan penugasan pemerintah ini, Pertamina akan mengoptimalkan penggunaan infrastruktur elpiji eksisting supaya harganya bisa terjangkau oleh masyarakat.

“Selain mengurangi impor elpiji, proyek dimetil eter Tanjung Enim ini juga membuka lapangan kerja baru sekitar 12 ribu orang, serta membangun ekonomi di wilayah Sumatera Selatan,” pungkas Nicke.

Dalam Strategi Besar Energi Nasional tahun 2015-2050, dimetil eter diproyeksikan akan menjadi salah satu energi baru pengganti elpiji.

Proyek hilirasi batu bara merupakan proyek strategis nasional (PSN) yang memanfaatkan batubara kalori rendah yang selama ini belum terkomersialisasi secara optimal, menjadi produk akhir yang bernilai tinggi.

Baca juga: Pemerintah akan fokus sasar hilirasi kejar target investasi 2022
Baca juga: Mendorong hilirisasi komoditas, ungkit ekonomi di tengah pandemi
Baca juga: Hilirisasi DME batubara diyakini tekan ketergantungan impor elpiji

 

Pewarta: Sugiharto Purnama
Editor: Biqwanto Situmorang
Copyright © ANTARA 2022