Piala Afrika

Senegal lanjut ke perempat final lewati sembilan pemain Tanjung Verde

Senegal lanjut ke perempat final lewati sembilan pemain Tanjung Verde

Penyerang tim nasional Senegal Bamba Dieng (kanan) merayakan golnya ke gawang Tanjung Verde dalam pertandingan 16 besar Piala Afrika 2021 di Stadion Kouekong, Bafoussam, Kamerun, Selasa (25/1/2022) waktu setempat. (ANTARA/REUTERS/Thaier Al-Sudani)

Jakarta (ANTARA) - Tim nasional Senegal melanjutkan langkah ke perempat final Piala Afrika 2021 melewati Tanjung Verde berbekal kemenangan 2-0 dalam pertandingan babak 16 besar di Stadion Kouekong, Bafoussam, Kamerun, Selasa waktu setempat (Rabu WIB).

Senegal mendapat keuntungan besar sebab mereka hanya perlu menghadapi sembilan pemain Tanjung Verde, menyusul kartu merah yang diterima gelandang Patrick Andrade dan kiper Vozinha, demikian catatan situs resmi CAF.

Kartu merah pertama kali keluar dari saku wasit Lahlou Benbraham pada menit ke-21 setelah VAR meninjau pelanggaran Patrick terhadap Pape Gueye.

Situasi sebelas lawan sepuluh belum mampu dimanfaatkan oleh Senegal hingga babak pertama berakhir dengan skor nirgol.

Lantas pada menit ke-57 wasit mengeluarkan kartu merah keduanya di laga kali ini lantaran Vozinha keluar dari sarangnya untuk menjatuhkan Sadio Mane.

Baca juga: Kamerun ke perempat final setelah susah payah tekuk 10 pemain Comoros
Baca juga: Gambia jungkalkan Guinea dalam 16 besar Piala Afrika


Menghadapi sembilan pemain Tanjung Verde, Senegal akhirnya berhasil membuka keunggulan melalui keberhasilan Mane memanfaatkan bola liar dalam situasi sepak pojok pada menit ke-63. Gol itu sempat ditinjau oleh VAR sebelum akhirnya disahkan oleh wasit.

Keadaan yang timpang membuat Senegal cukup leluasa menguasai jalannya pertandingan, tetapi Tanjung Verde nyaris menyamakan kedudukan pada menit ke-85 melalui tembakan kaki kanan Julio Tavares yang masih bisa diamankan kiper Edouard Mendy.

Dua menit memasuki injury time, Bamba Dieng melengkapi kemenangan Senegal menjadi 2-0 saat penyerang Marseille itu memanfaatkan umpan Famara Diedhiou dalam situasi serangan balik.

Di babak perempat final nanti, Senegal akan bertemu pemenang laga 16 besar lainnya antara Mali kontra Guinea Ekuator yang baru dimainkan sehari berselang.

Baca juga: Buntut insiden mematikan, satu pertandingan Piala Afrika dipindah

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Irwan Suhirwandi
COPYRIGHT © ANTARA 2022

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar