Jakarta (ANTARA) - Media sosial berbasis audio Clubhouse mencatatkan pertumbuhan pengguna di akhir tahun 2021. Hal ini juga disusul dengan Google Play Store yang mengumumkan Clubhouse sebagai salah satu aplikasi "Best for Fun" pada tahun yang sama.

"Clubhouse telah berkembang pesat terbukti dengan jumlah orang yang mengunduh Clubhouse bertambah sebanyak 2,6 juta pada Desember 2021. Angka ini meningkat secara signifikan dari 1,8 juta pengunduh di November 2021," kata Clubhouse dalam keterangannya, Rabu.

Adapun jumlah Klub yang aktif di Clubhouse telah meningkat menjadi 365 Klub pada akhir tahun lalu. Klub yang ada di dalam platform pun bisa dimasuki dan menjadi referensi baru bagi para penggunanya sesuai dengan topik yang digemari.

Pengguna dapat menemukan klub menarik lainnya di Clubhouse sesuai dengan preferensi menggunakan fitur Topics. Bagi pengguna yang tidak dapat bergabung secara live di Room, dapat memanfaatkan fitur Replays untuk mendengarkan rekaman Room.

Berikut sejumlah Klub pilihan dari Clubhouse.

Bizniz Club Indonesia
Sebuah klub untuk belajar dan berdiskusi dengan Business Coach yang berhasil memenangkan Penghargaan Global tentang cara membangun bisnis yang menguntungkan secara autopilot dengan sukses. Klub ini mengadakan room setiap Senin-Jumat.

Speak Up!
Speak up adalah klub yang memfasilitasi perkembangan diri ke arah yang lebih baik untuk meningkatkan kepercayaan diri setiap individu. Selain itu, klub ini juga memberikan kesempatan kepada setiap anggotanya untuk belajar menjadi moderator atau pembicara di setiap ruangan yang mereka buat.

English Practicing Club
Klub ini adalah tempat bagi orang-orang yang ingin melatih bahasa Inggris mereka. Selain itu, klub ini juga dapat menghubungkan orang-orang di seluruh dunia.

Belajar Bahasa
Belajar Bahasa merupakan klub untuk menghubungkan orang Jepang yang sedang belajar bahasa Indonesia dan orang Indonesia yang sedang atau ingin belajar bahasa Jepang.

Thought Leadership Branding
Klub ini adalah tempat bagi Anda untuk membangun branding mengenai kepemimpinan personal yang lebih baik, lebih kuat, dan lebih berdampak.

Growth Space
Growth Space adalah komunitas untuk untuk pengembangan diri yang diprakarsai oleh digital creator dan growth consultant, Jonathan End.

Komunitas Historia Indonesia
Klub ini dikenal dengan KHI (Komunitas Historia Indonesia), sebuah organisasi dan gerakan sosial yang bertujuan untuk membangun kesadaran nasionalisme Indonesia melalui pendidikan sejarah/budaya. Asep Kambali, seorang sejarawan, mendirikan komunitas ini pada tahun 2003.

Arsitek Indonesia
Klub ini adalah tempat untuk bertukar pikiran dan berbicara tentang arsitektur di Indonesia. 

Baca juga: LinkedIn akan luncurkan fitur audio interaktif mirip Clubhouse

Baca juga: Clubhouse sediakan fitur baru bagikan konten

Baca juga: Clubhouse hadirkan fitur "Saved Replay" dan ikon aplikasi baru

Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2022