Beijing (ANTARA) - Presiden China Xi Jinping bertemu Ketua Komite Olimpiade Internasional (IOC) Thomas Bach di Beijing, Selasa, yang menyisakan sepuluh hari menjelang pembukaan Olimpiade Musim Dingin atau Winter Olympic.

"Setelah melakukan berbagai persiapan selama enam tahun, sekarang tiba saatnya Olimpiade Musim Dingin Beijing 2022 digelar sesuai jadwal yang telah disepakati," ujar Xi.

Dengan segala hormat, lanjut dia, China berkomitmen mempersembahkan kepada dunia ajang Olimpiade yang efisien, aman, dan megah.

Menurut dia, hal itu merupakan yang pertama kali sejak dimulai pandemi COVID-19, ajang multicabang olahraga global digelar sesuai jadwal.

"Ini menjadi contoh keberhasilan sesuai motto baru Olimpiade 'Lebih Cepat, Lebih Tinggi, Lebih Kuat - Bersama'," kata pucuk pimpinan Partai Komunis China (CPC) itu.

Dalam menyelenggarakan Winter Olympic itu, dia memaparkan bahwa pihaknya tidak hanya mendapat dukungan dari masyarakat China, melainkan juga komunitas internasional.

"Hampir 3.000 atlet dari sekitar 90 negara dan wilayah telah hadir dalam Olimpiade ini," kata Presiden Xi.

Ia menyatakan keyakinannya untuk menjaga para peserta, pemangku kepentingan, dan rakyat China tetap aman dan sehat.

Dengan menjadi tuan rumah Olimpiade Musim Panas Beijing 2008, Olimpiade Remaja Nanjing 2014, dan Olimpide Musim Dingin Beijing 2022, China dianggapnya mampu membangkitkan semangat Olimpiade bagi rakyatnya, mendorong perkembangan olahraga di dalam negeri, dan memainkan peran penting dalam mempromosikan semangat Olimpiade ke seluruh pelosok dunia.

Sementara itu, Bach terkesan dengan beberapa arena yang telah dipersiapkan dan penerapan kebijakan dan antipandemi COVID-19 yang menyeluruh.

Ia menyampaikan terima kasih kepada China atas keramahan dalam mengatur organ-organ IOC dan para atlet dari seluruh dunia.

Dia menyatakan keyakinannya bahwa China mampu menyelenggarakan Olimpiade tersebut dengan aman, lancar, dan sukses yang bisa dirasakan oleh para atlet dari seluruh dunia.

"Olimpiade Beijing 2022 menjadi kado terindah Tahun Baru Imlek bagi rakyat China dan kami berharap terciptanya kebersamaan seluruh dunia," ujar Bach.

Pertemuan yang digelar di balai tamu kenegaraan Diaoyutai tersebut juga dihadiri beberapa pejabat senior China, seperti Ding Xuexiang, Yang Jiechi, Cai Qi, dan Wang Yi. 

Baca juga: China ingin Olimpiade Musim Dingin dijauhkan dari politik
Baca juga: Sebar isu soal Olimpiade Musim Dingin, dua warga Beijing ditangkap
Baca juga: Ofisial AS dapat visa dari China untuk Winter Olympic

Pewarta: M. Irfan Ilmie
Editor: Atman Ahdiat
Copyright © ANTARA 2022