Jakarta (ANTARA) - Duta Besar RI untuk Jepang Heri Akhmadi telah melantik Shigeru Nakayama sebagai Konsul Kehormatan (Konhor) di Sapporo, Hokkaido, pada Selasa (25/1).

Menurut keterangan tertulis Kedutaan Besar RI di Tokyo yang diterima di Jakarta, Rabu, Nakayama merupakan pemimpin salah satu perusahaan konstruksi terbesar di Hokkaido, yang terlibat dalam berbagai proyek pembangunan infrastruktur dan bisnis kontraktor.

“Jaringan dan kompetensi yang dimiliki Saudara Shigeru Nakayama tentunya dapat mendukung pelaksanaan tugas sebagai Konsul Kehormatan RI. Selain promosi perdagangan, investasi, pariwisata, dan kebudayaan, Saudara Nakayama juga diharapkan dapat membantu KBRI Tokyo dalam perlindungan dan pelayanan kepada lebih dari 800 WNI yang berdomisili di Hokkaido,” kata Dubes Heri.

Dubes menekankan bahwa posisi tersebut memiliki peran yang strategis, dan dia meyakini bahwa Nakayama dapat mendorong pengembangan kerja sama dan investasi untuk penguatan rantai pasokan dan bidang infrastruktur, serta mendorong masuk tenaga kerja Indonesia ke Jepang.

Heri menyatakan keyakinan bahwa penunjukan Nakayama akan memberikan manfaat ekonomi bagi kedua negara.

Saat memberikan sambutan, Nakayama menyatakan siap mendukung misi perwakilan Indonesia di Jepang.

“Saya merasa bahwa tugas ini adalah tugas mulia dan berat. Namun saya akan berupaya sekuat tenaga untuk menjalankan tugas sebagai Konsul Kehormatan dengan baik dan mendukung misi KBRI Tokyo di Jepang,” ujarnya.


Baca juga: Dubes Heri Akhmadi lantik konsul kehormatan RI untuk Nagoya

Baca juga: KJRI dorong promosi produk halal Indonesia di Osaka


 

KBRI Tokyo belajar pembuatan Shibori sambil promosi Batik 

 

Pewarta: Aria Cindyara
Editor: Tia Mutiasari
Copyright © ANTARA 2022