Javelins sudah tiba di Kiev!
Kiev (ANTARA) - Sebuah pesawat Amerika Serikat yang membawa rudal-rudal antitank jenis Javelin, peluncur dan berbagai peralatan militer lainnya mendarat di ibu kota Ukraina, Kiev, pada Selasa (25/1).

Kedatangan pesawat tersebut merupakan pengiriman ketiga dari paket peralatan keamanan senilai 200 juta dolar AS (sekitar Rp2,8 triliun) untuk menopang pertahanan Ukraina, yang sedang bersiap-siap menghadapi kemungkinan serangan militer oleh Rusia.

"(Rudal-rudal) Javelin sudah tiba di Kiev! Kargo baru yang membawa bantuan keamanan --peluncur dan rudal-- dengan berat total sekitar 80 ton. Kami memperkirakan pengiriman keempat oleh burung-burung besi itu akan segera tiba," kata Menteri Pertahanan Ukraina Oleksii Reznikov melalui Twitter.

"Terima kasih kepada mitra strategis kami," kata Reznikov.

AS merupakan pendukung paling kuat bagi Ukraina dalam menjalankan upaya untuk mencegah serangan baru oleh Rusia, yang telah mengerahkan pasukannya dalam jumlah besar ke perbatasan dengan Ukraina.

Moskow membantah punya rencana melakukan serangan.

AS telah menjanjikan Ukraina bantuan keamanan senilai lebih dari 650 juta dolar (sekitar Rp9,3 triliun) tahun lalu dan total lebih dari 2,7 miliar dolar (sekitar Rp38,7 triliun) sejak 2014, yaitu tahun ketika Rusia mencaplok Semenanjung Krimea di Ukraina.


Sumber: Reuters
Baca juga: IMF: Konflik Rusia-Ukraina akan dorong inflasi tinggi lebih lama
Baca juga: Krisis Ukraina memanas, NATO siagakan pasukan
Baca juga: AS siagakan pasukan di tengah ketegangan di perbatasan Rusia-Ukraina

Penerjemah: Tia Mutiasari
Editor: Atman Ahdiat
Copyright © ANTARA 2022