Satu minggu sebelum ini kami sudah memulai pemusatan latihan, jadi kami benar-benar mempersiapkan diri untuk menghadapi pertandingan besok
Badung (ANTARA) - Tim Nasional (Timnas) sepak bola Indonesia siap menghadapi Timnas Timor Leste dalam pertandingan persahabatan internasional di Stadion Kapten I Wayan Dipta Bali pada 27 dan 30 Januari 2022.

"Satu minggu sebelum ini kami sudah memulai pemusatan latihan, jadi kami benar-benar mempersiapkan diri untuk menghadapi pertandingan besok," ujar Pelatih Tim Nasional Indonesia Shin Tae-yong saat konferensi pers di Seminyak, Kabupaten Badung, Bali, Rabu.

Ia mengatakan, pertandingan melawan Timor Leste juga akan dimanfaatkan Timnas Indonesia untuk mempersiapkan diri menjelang turnamen Piala AFF U-23 2022 di Kamboja. Dalam pertandingan nanti, sejumlah pemain Indonesia yang bermain di klub luar negeri juga tidak memperkuat Timnas Indonesia.

Baca juga: Pelatih: Fisik timnas belum maksimal tapi siap lawan Timor Leste

"Kami akan mengambil kesempatan dalam pertandingan melawan Timor Leste untuk membuat tim lebih kompak dan solid menjelang turnamen Piala AFF U-23 2022 di Kamboja bulan Februari nanti," katanya.

Shin Tae-yong menjelaskan, ia memang belum pernah menyaksikan pertandingan Timnas Timor Leste secara langsung sebelumnya namun telah menyaksikan melalui penampilan Timor Leste di AFF Suzuki Cup lalu.

Menurutnya, kualitas pemain Timor Leste lebih baik dari apa yang ia pikirkan. Seperti passing, kecepatan, penguasaan bola dan mobilitas pemain yang dinilai baik.

"Kami tidak akan lengah dan akan mempersiapkan diri agar dapat menunjukkan permainan yang terbaik," ungkapnya.

Sementara itu, pesepak bola Timnas Indonesia Evan Dimas mengungkapkan, dirinya beserta seluruh pemain Timnas Indonesia lainnya siap untuk menghadapi pertandingan melawan Timnas Timor Leste.

Namun, ia juga tidak ingin dirinya bersama pemain lain meremehkan dan kalah semangat dari para pemain Timnas Timor Leste.

Baca juga: PSSI pastikan laga Indonesia versus Timor Leste pada 27 dan 30 Januari

"Kami datang untuk menang. Bukan hanya untuk menang tapi juga berusaha menunjukkan pemain terbaik di dalam pertandingan," ungkapnya.

Terkait pertandingan persahabatan melawan Timor Leste yang masih akan diselenggarakan tanpa penonton, menurut Evan Dimas sebenarnya memang pertandingan sepak bola akan menjadi lebih seru kalau ada suporter.

Namun, ia bersama seluruh pemain Timnas Indonesia lainnya menegaskan akan tetap fokus pada pertandingan dengan ada atau tidaknya para penonton yang hadir langsung di stadion.

"Mau bagaimana lagi, kita harus mengikuti protokol kesehatan karena kondisi yang tidak memungkinkan," ujarnya.

Sementara itu, Pelatih Timnas Timor Leste Fabio Magrao mengatakan, Timnas Indonesia merupakan tim yang memiliki kualitas dan pemain yang baik, namun dalam pertandingan sepak bola apapun bisa terjadi.

Menurutnya, pertandingan melawan Timnas Indonesia juga sangat penting dalam mempersiapkan Timnas Timor Leste sebelum mengikuti turnamen Piala AFF U-23 2022 di Kamboja.

"Sebagai pelatih tentu saja saya ingin tim menang pada pertandingan besok, namun di waktu yang sama saya juga ingin yang terpenting kualitas permainan Timnas Timor Leste dapat meningkat," katanya.

Baca juga: PSSI: Elkan Baggott belum pasti berlaga kontra Timor Leste

Pewarta: Naufal Fikri Yusuf
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2022