Dengan demikian, para pelaku hotel tidak sembarangan atau semaunya menetapkan tarif hotel
Mataram (ANTARA) - Dinas Pariwisata Kota Mataram, Provinsi Nusa Tenggara Barat, menyediakan sebanyak 4.730 kamar hotel bagi penonton dan wisatawan MotoGP yang dijadwalkan berlangsung 20 Maret 2022 di Sirkuit Mandalika, Kabupaten Lombok Tengah.

"Untuk menyambut penonton dan wisatawan MotoGP, sekitar 4.730 kamar hotel sudah kita sediakan di Mataram," kata Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Kota Mataram Nizar Denny Cahyadi di Mataram, Rabu.

Denny begitu Kepala Dispar Kota Mataram ini akrab disapa, mengatakan, sebanyak 4.730 kamar hotel yang disiapkan itu dalam bentuk kamar bukan tempat tidur.

Artinya, daya tampung bagi penonton dan wisatawan MotoGP bisa lebih dari ketersediaan kamar tersebut, sebab satu kamar ada yang memiliki dua tempat tidur.

"Untuk hotel bintang rata-rata sudah penuh dipesan penonton MotoGP. Sedangkan hotel melati masih ada yang belum penuh, tapi sudah banyak calon tamu yang tanya-tanya," katanya.

Terkait dengan itu untuk membatu pemasaran hotel melati, katanya, akan dibantu oleh Dispar Provinsi Nusa Tenggara Barat, termasuk oleh tim dari Hospitality of Indonesia Network (HIN).


Baca juga: Kapal Pinisi dan Pelni jadi hotel terapung dukung MotoGP Mandalika

Baca juga: 2.000 kamar hotel di Lombok Barat dipesan penonton MotoGP


"Terkait dengan tarif hotel, memang ada kenaikan dari harga reguler tapi angka kenaikannya masih saya minta data dari pelaku usaha," katanya.

Namun demikian, pihaknya berharap agar para pelaku usaha hotel tidak menaikkan harga terlalu tinggi, dan pihak provinsi segera mengeluarkan regulasi terkait batas harga maksimal untuk kabupaten/kota.

"Dengan demikian, para pelaku hotel tidak sembarangan atau semaunya menetapkan tarif hotel," ujarnya.

Selain itu, Dispar Kota Mataram juga diminta membantu untuk pendataan rumah warga yang bisa dijadikan tempat penginapan alternatif tamu MotoGP untuk membantu kebutuhan kamar bagi sekitar 70.000 penonton.

"Sampai saat ini, kami baru dapat sekitar 142 kamar atau rumah warga yang memenuhi standar kriteria HIN dan mau disewakan untuk menjadi penginapan alternatif tamu MotoGP," katanya.


Baca juga: NTB siapkan kapal pesiar atasi kekurangan kamar hotel jelang MotoGP
Baca juga: Pemesanan kamar hotel di Lombok penuh jelang tiga bulan MotoGP
Baca juga: Pemkot Mataram diminta siapkan 25.000 kamar untuk tamu MotoGP

Pewarta: Nirkomala
Editor: Subagyo
Copyright © ANTARA 2022