MotoGP

Pemenuhan syarat homologasi grade A Sirkuit Mandalika sudah 90 persen

Pemenuhan syarat homologasi grade A Sirkuit Mandalika sudah 90 persen

Direktur Pengelola The Mandalika Bram Subiandoro. ANTARA/Dhimas B.P.

Mataram (ANTARA) - Direktur Pengelola The Mandalika Bram Subiandoro mengatakan pemenuhan syarat homologasi grade A Sirkuit Mandalika, Nusa Tenggara Barat, untuk menggelar perhelatan MotoGP 2022 pada Maret mendatang sudah mencapai 90 persen.

"Progres-nya sudah 90 persen, yang masih menjadi kekurangan itu pemasangan ban (pelindung di pinggir lintasan) dan barang elektronik," kata Bram di Mataram, Rabu.

Untuk pemasangannya, ia memastikan akan dimulai pada Kamis (27/1), sesuai rencana pekerja yang bertugas memasang logistik tersebut saat tiba di Sirkuit Mandalika.

"Jadi bannya sudah datang, tinggal dipasang, begitu juga barang elektronik. Kamis (27/1) besok, pekerjanya sudah datang, mereka langsung ke lapangan (Sirkuit Mandalika), pasang alat," ujar Bram.

Perihal persiapan lintasan, ia pun memastikan seluruhnya sudah tidak ada masalah. Termasuk perihal air yang merendam di sekitar areal sirkuit, kini sudah diatasi.

"Kita pasang pipa di beberapa titik agar tidak terjadi rendaman air saat hujan. Sudah diperbaiki semua," ucap Bram.

Baca juga: Dispar Mataram sediakan 4.730 kamar hotel bagi penonton MotoGP 
Baca juga: Melon Indonesia resmi jual tiket untuk MotoGP Mandalika 


Mengenai persiapan lainnya, ia menyebutkan penyelenggara kini sedang membangun tempat khusus bagi kru pembalap. Tempat tersebut terbuat dari bahan kontainer. Ada juga yang dalam bentuk tenda. Sekitar lokasi untuk area kru pembalap juga dibuatkan pagar keliling permanen.

"Jadi, itu semua sudah diatur," ungkap Bram.

Termasuk juga dengan tribun penonton tambahan. Ia optimistis fasilitas tersebut selesai dua hari sebelum perhelatan MotoGP 2022.

"Tanggal 16 Maret sudah selesai," tegas Bram. 

Lebih lanjut, ia pun memastikan penilaian homologasi grade A Sirkuit Mandalika oleh Federation Internationale de Motocyclisme (FIM) Guidelines akan berlangsung sebelum gelaran MotoGP 2022. 

"Untuk kapan, kami belum bisa pastikan, tetapi iya, setelah tes pramusim, sebelum MotoGP 2022, antara itu (rentang waktu)," pungkas Bram. 

Baca juga: Presiden setujui jumlah penonton MotoGP Mandalika jadi 100 ribu orang 
Baca juga: Zulkieflimansyah tegaskan NTB siap sebagai tuan rumah MotoGP 
Baca juga: Aparat gabungan cek lokasi pos pengamanan MotoGP Mandalika 

 

Pewarta: Dhimas Budi Pratama
Editor: Rr. Cornea Khairany
COPYRIGHT © ANTARA 2022

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar