Kedubes India di Jakarta rayakan Hari Republik ke-73

Kedubes India di Jakarta rayakan Hari Republik ke-73

Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh (LBBP) India untuk Indonesia Manoj Kumar Bharti dalam peringatan Hari Republik India ke-73 di Jakarta, Rabu. (26/1/2022) (ANTARA/ Azis Kurmala)

Pada kesempatan ini saya mengucapkan selamat kepada Pemerintah Republik Indonesia yang menjadi presidensi G20
Jakarta (ANTARA) - Kedutaan Besar India di Jakarta pada Rabu (26/1) malam merayakan Hari Republik ke-73 yang jatuh setiap tanggal 26 Januari.

"Merupakan kesenangan dan kehormatan besar bagi saya untuk menyambut Anda semua malam ini pada perayaan Hari Republik India ke-73," ujar Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh (LBBP) India untuk Indonesia Manoj Kumar Bharti dalam peringatan Hari Republik India ke-73 di Jakarta, Rabu.

Dubes Manoj mengatakan Hari Republik setiap tahun memiliki makna khusus yang mengingatkan kesetiaan pada konstitusi India.

"Ini telah berperan penting dalam menjaga sebuah negara yang beragam, luas dan padat penduduknya. India terus berada dalam jalur kemajuan sambil memastikan kebebasan berbicara, berekspresi, dan beragama tanpa diskriminasi," kata Dubes Manoj.

Baca juga: Kedubes India di Jakarta peringati Hari Republik

Tahun ini, lanjut Dubes Manoj, Hari Republik memiliki makna khusus karena India akan merayakan 75 tahun kemerdekaannya pada bulan Agustus.

Pemerintah India merayakan perayaan selama dua setengah tahun ini sebagai "Azadi Ka Amrit Mahotsav" yaitu Festival Kebebasan untuk memperingati 75 tahun kejayaan India dan sejarahnya yang kaya, populasi yang beragam, budaya dan pencapaian yang luar biasa.

"Pada kesempatan ini saya mengucapkan selamat kepada Pemerintah Republik Indonesia yang menjadi presidensi G20," kata dia.

Tahun 2022, Indonesia secara resmi memegang Presidensi Group of Twenty (G20) selama setahun penuh, dimulai dari 1 Desember 2021 hingga KTT G20 di November 2022. Serah terima presidensi dari Italia (selaku Presidensi G20 2021) kepada Indonesia sudah dilakukan secara langsung pada 31 Oktober 2021 di Roma, Italia.

Presidensi G20 mengusung tema “Recover Together, Recover Stronger”. Melalui tema ini, Indonesia mengajak seluruh dunia untuk bersama-sama mencapai pemulihan yang lebih kuat dan berkelanjutan, menurut keterangan dari Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Indonesia.

Baca juga: Sebelum ke Pakistan, berjas biru dasi merah, Jokowi hadiri "Hari India"
 

Pewarta: Azis Kurmala
Editor: Mulyo Sunyoto
COPYRIGHT © ANTARA 2022

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar