Jakarta (ANTARA) - Mendengarkan musik saat ini sudah menjadi kebiasaan yang rasanya tidak pernah dilewatkan.

Entah untuk menghabiskan waktu, atau menjadi pendamping saat melakukan aktivitas dan hobi seperti bekerja dari rumah, belajar, hingga berolahraga. Salah satu pendamping setia dalam mendengarkan musik dalam beberapa waktu belakangan ini adalah perangkat true wireless stereo (TWS) yang praktis dan nyaman untuk dikenakan.

Perangkat audio earbuds nirkabel sendiri biasanya tampil dengan desain kompak dan sederhana. Jika ingin tampil beda, earbuds terbaru dari Olike yaitu Song X bisa menjadi pilihan yang menarik bagi Anda yang ingin tampil beda dan stylish.

ANTARA berkesempatan untuk menjajal Olike Song X selama beberapa waktu. Berikut ulasannya.

Olike Song X memiliki desain unik dengan tempat (casing) berbentuk bundar, di mana bagian luarnya dapat diputar untuk memunculkan dua earbuds di dalamnya. Perangkat mengusung model Star Ring dan Swivel Roll yang tak hanya terlihat futuristik secara desain, namun perangkat juga tidak mengesampingkan kemudahan pemakaiannya.

Selain itu, perangkat audio ini hadir dengan warna-warna cerah yang menyenangkan seperti hitam-kuning, hijau dan salem.

Casing Olike Song X berukuran kecil dan muat di dalam genggaman tangan. Selain bentuknya yang unik dan mini, perangkat pun sangat ringan dan praktis untuk dibawa kemana pun.

Baca juga: Olike hadirkan perlengkapan dapur canggih dengan gaya minimalis

Baca juga: OASE kerja sama dengan Olike kembangkan "edutoys"

 
Olike Song X. (ANTARA/Arnidhya Nur Zhafira)


Sebagai informasi, di bagian luar casing terdapat slot USB C untuk mengisi daya. Selain itu, terdapat pula lampu indikator penanda proses pengisian daya (charging) earbud maupun case-nya.

Charging case sendiri telah disematkan teknologi wireless charging yang menambah opsi untuk pengisian daya selain menggunakan Type-C charging. Kapasitas baterainya adalah 440 mAh (untuk charging chamber) dan 40 mAh (untuk masing-masing earbuds).

Bicara soal ketahanan perangkat dalam memainkan audio, Olike Song X bisa dibilang cukup hemat baterai. ANTARA menggunakan perangkat ini untuk mendengarkan musik setidaknya 30 hingga 45 menit dalam sehari. Total penggunaan perangkat selama satu pekan, dan ANTARA hanya kehilangan kurang dari 50 persen dari 100 persen daya saja.

Olike Song X sendiri diklaim mampu bertahan dalam memainkan audio selama 25 jam.

Lebih lanjut, konektivitas Bluetooth 5.0 membuat output audio terasa mulus dan tidak ada latensi yang berarti.

Agak berbeda dengan earbuds nirkabel lainnya, Olike Song X memiliki cara tersendiri untuk menyalakan dan memasangkan perangkat dengan ponsel pintar Anda. Pengguna cukup memutar lapisan luar sisi case dan menunggu sebentar lampu indikator di case dan kedua earbuds untuk menyala, dan perangkat siap digunakan.

Olike Song X menggunakan sistem sensor dan magnetik pintar pada case-nya, dimana saat memutar atau membuka charging casenya, Olike Song X akan langsung muncul pada perangkat dan siap dihubungkan.

Soal kualitas audio, perangkat memiliki sistem yang mengintegrasikan dynamic driver 6mm dengan metal vibration membrane yang menghasilkan suara True Lossless. Suara treble yang dihasilkan juga lebih harmonis, dan suara bass yang tidak terdistorsi. Output audio rasanya terasa maksimal saat digunakan untuk mendengarkan lagu-lagu dengan genre jazz dan R&B.

Selain itu, Olike Song X sudah memiliki teknologi Perfect Noise Isolation sehingga mampu memberikan pengalaman telefon yang jernih dengan meredam kebisingan dari sekitar.

Dari sisi kenyamanan, earbuds-nya pun nyaman saat digunakan di telinga dan tidak mudah lepas.
Olike Song X. (ANTARA/Arnidhya Nur Zhafira)


Perangkat juga dilengkapi dengan fitur G-Sensor tap control yang memungkinkan earbuds mendapatkan pengenalan gerakan yang tepat. Baik itu menjawab panggilan, menjeda musik, mengganti lagu, atau mengaktifkan voice assistant, cukup dengan ketuk earbud. Sayangnya, membutuhkan waktu untuk terbiasa dengan fitur ini karena posisi ketukan harus pas sehingga bisa berfungsi dengan baik.

Produk ini juga sekiranya cocok sebagai partner untuk berolahraga karena earbuds-nya dirancang khusus agar tetap nyaman dan aman di telinga bahkan dengan gaya hidup paling aktif.

Di dalam kotak perangkat sendiri juga sudah tersedia dua pilihan ukuran soft sillicone ear-tips untuk menyesuaikan earbuds di telinga agar semakin pas.

Di samping dari segala kenyamanannya, satu hal yang cukup disayangkan adalah tidak adanya tulisan "L" dan "R" yang biasanya hadir di semua perangkat audio seperti ini untuk menandai sisi kanan dan kiri telinga.

Dan meskipun dari sisi output audio cukup baik untuk perangkat di kelasnya, Olike Song X rasanya belum terlalu maksimal untuk melakukan panggilan telepon maupun perekaman suara. Terkadang suara yang dihasilkan jelas, namun kadang turun dan tidak terlalu jelas bagi lawan bicara.

Hal lain yang cukup disayangkan adalah perangkat tidak dilengkapi dengan aplikasi bawaan untuk mengatur preferensi audio tiap pengguna.

Bagaimana pun, Olike Song X dapat menjadi pilihan bagi Anda yang menginginkan perangkat TWS yang memiliki desain unik dan mencuri perhatian. Perangkat juga memiliki kualitas output suara yang cukup baik dan awet daya penggunaan.

Olike Song X dibanderol seharga Rp799 ribu dan dapat dibeli di toko resminya.

Baca juga: Olike Song X hadirkan desain unik untuk perangkat TWS

Baca juga: Olike luncurkan "smartwatch" Zeth W1, padukan teknologi dan gaya

Baca juga: Olike hadirkan rangkaian "speaker portable"

Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2022