Jika dibandingkan dengan tahun 2020, realisasi dana TJSL naik 17,74 persen atau naik sebanyak Rp841 juta dengan program-program yang difokuskan untuk membantu penanganan COVID-19
Jakarta (ANTARA) - PT Pelayaran Nasional Indonesia (Persero) menyalurkan dana Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) sebesar Rp5,58 miliar sepanjang tahun 2021 yang disalurkan melalui program Pendanaan UMK (PUMK) dan program Non PUMK yang sejalan dengan SDGs (Sustainable Development Goals) dan CSV (Creating Shared Value).

Plt. Direktur Utama PT Pelni Ony Suprihartono menyampaikan bahwa program TJSL yang dilaksanakan mengacu pada Peraturan Menteri BUMN PER-05/MBU/04/2021 tanggal 8 April 2021.

“Jika dibandingkan dengan tahun 2020, realisasi dana TJSL naik 17,74 persen atau naik sebanyak Rp841 juta dengan program-program yang difokuskan untuk membantu penanganan COVID-19,” kata Ony dalam keterangannya yang dipantau di Jakarta, Kamis.

Ony merinci pada tahun 2021, dana yang disalurkan untuk program PUMK sebesar Rp1,85 miliar.

Penyaluran dana tersebut ditujukan untuk 38 mitra UMK di wilayah DKI Jakarta, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Lampung dan Jambi yang terbagi menjadi enam sektor pendanaan yaitu industri, jasa, perdagangan, perikanan, pertanian dan peternakan.

“Tahun 2021, pandemi COVID-19 masih menjadi permasalahan di Indonesia dan berdampak besar pada keberlangsungan UMK. Melalui program PUMK ini, diharapkan mampu menjadi stimulus untuk mengembangkan usahanya serta mendorong para UMK naik kelas,” ujarnya.

Sedangkan untuk program non PUMK, Pelni telah menyalurkan sebesar Rp3,73 miliar yang disalurkan melalui empat pilar program TJSL yaitu Ekonomi, Lingkungan, Sosial serta Hukum & Tata Kelola.

Keempat pilar program TJSL terdiri dari sektor bencana alam, pendidikan, sarana & prasarana ibadah, sarana & prasarana umum dan sosial kemasyarakatan untuk wilayah DKI Jakarta, Banten, Jawa Barat, Jawa Timur, Jawa Tengah, Yogyakarta, Sumatera Utara, Kalimantan Timur, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Tengah, NTT, NTB, Maluku, dan Papua.

Adapun pada tahun 2021, Pelni memiliki empat program unggulan TJSL yaitu RKS Kampung Pelni Baubau di Kota Baubau Sulawesi Tenggara, Pemeliharaan Revitalisasi Terumbu Karang di Pantai Jikomalomo Ambon, Maluku dan Pantai Bangsring Banyuwangi, Jawa Timur serta pembangunan Kampung Nelayan Pelni di Larantuka, NTT dan beasiswa untuk siswa Papua yang bekerjasama dengan Ruangguru.

“Sebagai BUMN di bidang pelayaran, kami tentunya sangat peduli terhadap isu-isu lingkungan dan sosial terutama penanggulangan sampah baik di darat maupun laut serta keberadaan dan keberlangsungan ekosistem laut melalui revitalisasi terumbu karang. Tidak hanya itu, untuk mendukung SDM yang baik, kami juga ikut serta dalam program pemberian beasiswa seperti yang kami lakukan di Papua,” kata Ony.

Ia menambahkan, Pelni berkomitmen untuk terus konsisten dalam kegiatan-kegiatan yang dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan menjaga lingkungan hidup secara berkesinambungan.

“Di tahun 2022 ini, kami juga telah menyiapkan beberapa program unggulan TJSL yang sejalan dengan SDG’s dan CSV. Program tersebut adalah Rumah Kelola Sampah (RKS) di Denpasar yang rencananya akan dilaksanakan pada Maret mendatang,” pungkasnya.

Baca juga: Kapal Pinisi dan Pelni jadi hotel terapung dukung MotoGP Mandalika
Baca juga: PSO 2022 ditandatangani, Pelni fokus jaga konektivitas antar pulau
Baca juga: Pelni raih TOP Digital Award 2021 berkat transformasi

 

Pewarta: Adimas Raditya Fahky P
Editor: Biqwanto Situmorang
Copyright © ANTARA 2022