Langkah mudah ganti popok anak dengan benar

Langkah mudah ganti popok anak dengan benar

Ilustrasi orang tua mengganti popok si buah hati. (ANTARA/HO/Pexels)

Jakarta (ANTARA) - Popok saat ini sudah menjadi inovasi dan kebutuhan untuk anak dapat beraktivitas dengan lebih nyaman sehari- hari. Idealnya popok harus diganti setiap dua hingga tiga jam sekali agar anak dapat tetap terjaga kebersihannya dan tetap sehat.

Namun seringkali ritual menggantikan popok menjadi tantangan bagi orang tua khususnya yang baru memiliki anak dan sang buah hati sangat aktif bergerak. Tidak sedikit akhirnya yang kebingungan menerapkan langkah yang tepat dan mudah mengganti popok anak secara benar.

Berikut beberapa langkah yang bisa anda ikuti untuk mengganti popok secara benar mengutip siaran pers dari Makuku, Kamis.

Langkah pertama adalah orang tua harus mempersiapkan barang-barang yang dibutuhkan sebelum mengganti popok bayi.

Sebelum mengganti popok si kecil, jangan lupa persiapkan barang-barang seperti tisu basah, krim untuk ruam popok, baju ganti bila perlu, tempat yang bersih untuk mengganti popok, kantong untuk popok kotor, dan tentunya popok bayi yang baru.

Selain itu, pastikan tangan ibu, ayah, atau yang akan menggantikan popok bayi sudah tercuci bersih. Dengan cara demikian, anda akan lebih mudah menangani anak saat penggantian popok berlangsung tanpa harus kebingungan mencari barang yang mungkin tercecer.

Baca juga: Ganti popok bantu kedekatan ayah-anak

Langkah kedua yang bisa dilakukan kemudian adalah membuka popok bayi yang sudah terpakai dan kotor. Setelah meletakkan si kecil di alas yang bersih, bukalah perekat popok yang kotor secara perlahan agar perekat dan popok tidak sobek.

Setelah itu, angkat bagian depan popok yang kotor dan turunkan ke bawah. Kemudian, angkatlah bokong anak dengan memegang kedua pergelangan kakinya ke atas secara perlahan. Ambil bagian depan popok, lipat hingga menutup bagian belakang yang kotor, serta buanglah ke kantong sampah yang sudah disediakan.

Selanjutnya, menjadi langkah yang sangat penting yaitu pastikan anda membersihkan kulit bayi sebelum memakaikan popok baru.

Bersihkan alat kelamin, bokong, serta lipatan paha bayi dari kotoran maupun urine yang menempel dengan menggunakan tisu basah hingga bersih. Selain itu, pastikan agar ibu dan ayah membersihkan bokong bayi dari arah depan ke belakang untuk mencegah penyebaran bakteri dan infeksi saluran kemih.

Langkah terakhir adalah proses pakaikan popok bersih pada anak. Langkah ini yang menjadi menantang bagi orang yang belum pernah berhadapan langsung dengan proses penggantian popok. Untuk itu hal yang harus dilakukan pertama kali adalah buka popok bersih dan selipkan di bawah bokong anak dan geserkan popok ke arah pinggang.

Selanjutnya, tarik popok bagian depan ke arah perut anak dan pastikan bagian depan dan belakang popok sejajar untuk mencegah kebocoran. Pada anak laki-laki, arahkan alat kelaminnya ke bawah agar urine tidak membasahi bagian atas. Kemudian buka perekat popok dan tarik ke arah perut untuk dikencangkan.

Namun, hati-hati untuk tidak merekatkan popok terlalu kencang karena dapat menimbulkan ketidaknyamanan bagi si kecil.

Agar si kecil lebih nyaman saat beraktivitas, pemilihan bahan yang menyerap di dalam popok juga harus menjadi perhitungan. Anda mungkin bisa mempertimbangkan popok Makuku Air Diapers yang memiliki struktur inti Super Absorbent Polymer (SAP). Bahan ini memungkinkan popok tidak mengembang saat sudah penuh seperti popok konvensional sehingga penggantian popok bisa dilakukan dengan lebih mudah oleh orang tua.

Selain itu, si buah hati juga bisa bergerak lebih leluasa khususnya pada tubuh bagian bawahnya sehingga bisa aktif bergerak.

“Salah satu upaya kami adalah dengan terus berinovasi dan menghadirkan produk yang dapat menjawab permasalahan yang mereka alami mengenai popok, melalui Makuku Air Diapers. Kami berharap dengan fitur-fitur yang dimiliki Makuku Air Diapers seperti daya serap tinggi, anti gumpal, dan struktur inti SAP dapat membuat proses mengganti popok anak lebih ringkas dan mudah sehingga orang tua dan anak bisa menghabiskan lebih banyak waktu dan menikmati kebersamaan mereka,” jelas CEO Makuku Indonesia Jason Lee.

Saat ini, Makuku Air Diapers sudah tersedia di offline store Makuku.

Baca juga: Bioplastik singkong solusi atasi limbah popok bayi karya mahasiswa UB

Baca juga: Kiat bawa bayi naik pesawat, beri ASI dan pastikan popok bersih

Baca juga: Kapan sebaiknya ganti popok bayi?

Pewarta: Livia Kristianti
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
COPYRIGHT © ANTARA 2022

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar