Rasakan suasana Imlek yang kental di enam tempat wisata ini

Rasakan suasana Imlek yang kental di enam tempat wisata ini

Pengunjung berada di halaman replika Pagoda Shwedagon Taman Alam Lumbini, Karo, Sumut, Kamis (26/12). Replika Pagoda Shwedagon Myanmar tersebut merupakan pagoda tertinggi di Indonesia dengan lebar 68x68 meter dan tinggi 46,8 meter yang menjadi salah satu objek wisata bernuansa Budha. ANTARA FOTO/Irsan Mulyadi/ss/pd/13 (ANTARA FOTO/IRSAN MULYADI)

Jakarta (ANTARA) - Perayaan Tahun Baru Imlek 2022 akan datang sebentar lagi, momen yang ditunggu-tunggu untuk berkumpul atau berlibur bersama keluarga besar. Bagi Anda yang tertarik menceriakan suasana Imlek dengan bepergian, berikut daftar destinasi menarik dengan suasana Imlek kental yang dapat dikunjungi, dikutip dari siaran resmi Pegipegi, Kamis.

Pagoda Taman Alam Lumbini, Karo

Buat Anda yang ingin merayakan Tahun Baru Imlek seperti di Thailand atau Myanmar, Anda dapat berkunjung ke Pagoda Taman Alam Lumbini. Replika Pagoda Shwedagon atau Pagoda Dagon Emas ini berada di Desa Tongkoh, Berastagi, Karo, Sumatra Utara. Memiliki warna keemasan, pagoda ini tampak megah dari kejauhan. Anda akan merasakan nuansa layaknya sedang berlibur di luar negeri.
 
Wisatawan berwisata di Kelenteng Sam Poo Kong Semarang, Jawa Tengah, Senin (1/1). Kelenteng yang dalam sejarahnya merupakan tempat pendaratan pertama Laksamana Tiongkok Zheng He atau Cheng Ho tersebut menjadi salah satu tujuan wisata yang diminati para wisatawan. ANTARA FOTO/R. Rekotomo/pras/18. (ANTARA FOTO/R. REKOTOMO)


Baca juga: Vihara jadi tempat wisata budaya warga saat Imlek

Kelenteng Sam Poo Kong, Semarang

Kelenteng Sam Poo Kong berlokasi di Jalan Simongan No. 129, Semarang. Kelenteng ini merupakan salah satu bangunan bersejarah sekaligus tempat ibadah dan wisata. Kelenteng ini didirikan dengan tujuan untuk menghormati Laksamana Cheng Ho. Dengan arsitektur khas Tionghoa, kelenteng ini menjadi destinasi seru yang dapat Anda kunjungi ketika perayaan Tahun Baru Imlek.
 
Dua wisatawan domestik berfoto di depan Vihara Tri Dharma Bumi Raya, Singkawang, Kalimantan Barat, Sabtu (7/11/2020). Vihara Tri Dharma Bumi Raya yang berdiri sejak tahun 1878 dan merupakan salah satu vihara tertua di kota seribu kelenteng tersebut menjadi ikon wisata Singkawang bagi wisatawan domestik maupun mancanegara. ANTARA FOTO/Jessica Helena Wuysang/wsj. (ANTARA FOTO/JESSICA HELENA WUYSANG)


Singkawang, Kalimantan Barat

Kota Seribu Kelenteng atau Kota Singkawang merupakan salah satu kota sebagai pusat perayaan Tahun Baru Imlek terbesar di Indonesia. Berasal dari kata “San Kew Jong” dalam bahasa Hakka, Singkawang memiliki arti kota di kaki gunung dekat muara laut. Terdapat patung Naga di tengah kota yang menjadi ciri khas dari kota ini. Naga dipercaya sebagai lambang kekuatan dan keberuntungan oleh masyarakat Tionghoa.
 
MEDAN, 4/2 - OBJEK WISATA CEMARA ASRI. Sejumlah warga berkunjung ke objek wisata Maha Vihara Maitreya Cemara Asri di Medan, Sumut, Minggu (3/2). Menyambut Imlek 2564, salah satu vihara terbesar di kota Medan itu ramai dikunjungi wisatawan lokal dan mancanegara. FOTO ANTARA/Septianda Perdana/Koz/Spt/13. (ANTARAFOTO/Septianda Perdana)


Maha Vihara Adhi Maitreya, Medan

Disebut sebagai vihara terbesar di Indonesia, Maha Vihara Adhi Maitreya berlokasi di komplek perumahan Cemara Asri, Jalan Boulevard Utara No. 95-5, Medan, Sumatra Utara. Vihara ini terbagi menjadi tiga gedung utama yaitu; Buddha Sakyamuni, Bodhisatva Avalokitesvara, dan Bodhisatva Satyakalama. Arsitektur vihara yang unik membuatnya seolah-olah tidak berada di Indonesia.
 
Warga membersihkan altar sembahyang di kawasan Petak Sembilan Glodok, Jakarta, Rabu (13/10/2021). Pemkot Jakarta Barat akan menata kawasan Glodok menjadi lokasi wisata sejarah Pecinan untuk manarik wisatawan. ANTARA FOTO/Wahyu Putro A/rwa. (ANTARA FOTO/WAHYU PUTRO A)


ChinaTown, Jakarta

Glodok atau yang dikenal sebagai Chinatown Jakarta merupakan kawasan Pecinan tertua di Jakarta. Anda dapat berkunjung ke Pasar Petak Sembilan ataupun kelenteng-kelenteng yang ada di sekitar Glodok saat Tahun Baru Imlek untuk merasakan suasana yang berbeda. Selain itu, Anda juga menikmati wisata kuliner khas Pecinan di sana, tepatnya di Gang Gloria.
 
Warga mengunjungi Klenteng Sanggar Agung atau Klenteng Hong San Tang di kompleks Kenjeran Park, Surabaya, Jawa Timur, Kamis (14/7). Klenteng yang berada di dekat pantai tersebut dikunjungi banyak warga untuk berwisata memanfaatkan libur sekolah. ANTARA FOTO/Moch Asim/kye/16 (ANTARA FOTO/MOCH ASIM)


Kelenteng Sanggar Agung, Surabaya

Terletak di Jalan Sukolilo No. 100, Kelenteng Sanggar Agung sering kali dikenal dengan sebutan Kelenteng Hong Sang Tang. Patung Dewi Kwan Im dengan ketinggian 20 meter menjadi ikon dari kelenteng ini sekaligus membuat tampilannya menjadi semakin megah. Kelenteng Sanggar Agung memiliki bangunan yang unik karena pada bagian atapnya menggunakan corak bangunan Jawa. Sedangkan pada bagian bawahnya kental akan nuansa Bali sehingga kelenteng ini tidak terkesan hanya unsur budaya Tionghoa.

Baca juga: Masjid Babah Alun Desari jadi destinasi wisata religi Jakarta Selatan

Baca juga: Imlek di rumah saja, intip jalan-jalan virtual ke Hong Kong

Baca juga: Merasakan keriaan Imlek lewat wisata Glodok

Pewarta: Nanien Yuniar
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
COPYRIGHT © ANTARA 2022

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar