Rekomendasi Puskesmas Pademangan, hanya kelas empat yang diberlakukan PJJ
Jakarta (ANTARA) - Kepala Sekolah Dasar Negeri (SDN) Pademangan Timur 05 Pagi Maman Juaman mengatakan sekolah melaksanakan sterilisasi ruangan pada Kamis karena ada tiga  siswa kelas empat dan seorang guru terkonfirmasi positif COVID-19 melalui tes Polymerase Chain Reaction (PCR).

Menurut Maman,  di Jakarta, Kamis, pihak sekolah berupaya memutus mata rantai penularan COVUD-19 dengan menyetop sementara pembelajaran tatap muka (PTM)  pada Jumat (28/1) hingga Senin (31/1), dan memberlakukan pembelajaran jarak jauh (PJJ) kepada seluruh siswa jika sudah mendapat rekomendasi dari puskesmas setempat.

 Maman menjelaskan, pihaknya berinisiatif untuk mensterilkan ruangan di sekolah, melalu koordinasi dengan Kepala Satuan Pelaksana, bahwa siswa diberlakukan PJJ pada Jumat (28/1) hingga Senin (31/1). Karena, pada Selasa (1/2) libur Imlek. "PTM kami berlakukan lagi mulai Rabu (2/2).

Adapun ruangan yang disterilkan dengan cara menyemprot desinfektan adalah seluruh ruangan kelas, ruangan guru, dan ruangan kepala sekolah.

"Kami menunggu rekomendasi dari puskesmas. Karena ini urusan ranah puskesmas. Kami hanya menunggu hasilnya. Kalau rekomendasi puskesmas, sebenarnya hanya siswa yang positif saja di-PJJ-kan. Bagi anak yang tidak positif, tetap menjalankan PTM," katanya.

Menurut Maman, kronologis kejadian sejak 18 Januari 2022, yakni puskesmas setempat  mendeteksi adanya satu orang siswa SDN Pademangan Timur 05 Pagi terkonfirmasi positif COVID-19 melalui tes PCR.

Setelah itu, puskesmas setempat melakukan pelacakan ("tracing") dengan menggelar tes PCR lagi di SDN Pademangan Timur 05 Pagi pada 24 Januari, yakni kelas empat, kelas lima, dan kelas enam.

Setelah hasil pemeriksaan PCR itu keluar hasilnya pada Rabu (26/1), ada tiga siswa kelas empat dan satu orang guru di kelas empat terkonfirmasi positif COVID-19.

Untuk itu, Maman ingin mendapat konfirmasi dari puskesmas terlebih dahulu, apakah tetap memberlakukan PTM secara terbatas, atau menerapkan PJJ. "Rekomendasi Puskesmas Pademangan, hanya kelas empat yang diberlakukan PJJ," katanya.

Baca juga: Wagub DKI minta optimalisasi peran Satgas COVID-19 di sekolah
Baca juga: Guru positif COVID-19, PTM dua sekolah di Tanjung Duren dihentikan


 

Pewarta: Abdu Faisal
Editor: Riza Harahap
Copyright © ANTARA 2022