Kota Batu, Jawa Timur (ANTARA) - Rapat Dewan Pengurus Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) yang digelar di Balai Kota Among Tani, Kota Batu, Jawa Timur, membahas empat isu strategis yang diikuti oleh 18 wali kota di Indonesia.

Ketua Dewan Pengurus APEKSI Bima Arya Sugiarto di Kota Batu, Kamis mengatakan bahwa hari pertama rapat Dewan pengurus APEKSI dilakukan pembahasan empat isu strategis termasuk evaluasi, penyusunan program kerja dan kegiatan 2022, serta persiapan Rakernas XV APEKSI.

"Terobosan baru dalam acara APEKSI adalah Festival Komunitas Kreatif Kota untuk mengumpulkan ide muda-mudi kreatif di tiap kota, untuk berkolaborasi dengan pemerintah kota terkait pembangunan," kata Bima yang juga merupakan Wali Kota Bogor itu.

Bima menjelaskan, dalam kesempatan itu, empat isu strategis yang menjadi sorotan adalah implementasi Sistem Informasi Pembangunan Daerah (SIPD), Sistem Online Single Submission (OSS), Task Force, dan Gugus Tugas.

Ia menambahkan, dalam rapat Dewan Pengurus APEKSI tersebut, juga dilakukan pembahasan tentang kalender kegiatan APEKSI tahun 2022, seperti HUT APEKSI dan APEKSI OUTLOOK serta Rakernas XV APEKSI.

Rakernas XV APEKSI rencananya akan diselenggarakan di Padang pada 7-10 Agustus 2022, bertepatan dengan hari jadi Kota Padang ke-353 Tahun. Tema Besar yang diusulkan dalam Rakernas XV Padang adalah "Sinergi Pemulihan Ekonomi Pasca Pandemi".

Baca juga: Apeksi tekankan kepala daerah berhubungan baik dengan KPK

Baca juga: Wali Kota Medan terpilih jadi Ketua Apeksi Komwil 1 Sumatera

Baca juga: Pembangunan IKN pertimbangkan manajemen pembangunan regional


Sementara itu, Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko yang juga merupakan Bendahara APEKSI menambahkan, pelaksanaan rapat Dewan Pengurus APEKSI di Kota Batu memberikan keuntungan bagi sektor pariwisata yang ada di wilayah tersebut.

Dewanti menambahkan, ia akan melakukan promosi pariwisata Kota Batu kepada para peserta rapat Dewan Pengurus APEKSI sekaligus memperkenalkan keindahan panorama di wilayah tersebut.

"Ini kesempatan memperkenalkan lebih luas pariwisata di Kota Batu. Serta menunjukkan, jika pariwisata di sini aman dikunjungi di masa pandemi," kata Dewanti.

Dalam kesempatan itu, para peserta APEKSI juga melakukan kunjungan ke sejumlah destinasi wisata yang ada di wilayah Kota Batu, di antaranya adalah di Bukit Jengkoang di Desa Bulukerto dan wisata petik apel di Desa Tulungrejo, Kecamatan Bumiaji.

Diharapkan, dengan pelaksanaan rapat Dewan Pengurus APEKSI yang dilaksanakan di Kota Batu tersebut bisa mempromosikan sektor pariwisata di wilayah itu, kepada daerah lain yang ada di Indonesia.

Dalam rapat Dewan Pengurus APEKSI tersebut dihadiri oleh Wali Kota Medan Bobby Nasution, Wali Kota Lubuk Linggau SN Prana Putra Sohe, Wali Kota Tegal Dedy Yon Supriyono, Wali Kota Kupang Jefirstson R Kiwu Kore dan Wali Kota Tidore Ali Ibrahim.

Pewarta: Vicki Febrianto
Editor: Chandra Hamdani Noor
Copyright © ANTARA 2022