Jakarta (ANTARA) - Laga Brazil melawan Ekuador berakhir dengan skor imbang 1-1 dalam lanjutan pertandingan Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Conmebol di Stadion Olimpico Atahualpa, Ekuador pada Jumat dini hari WIB, demikian catatan laman resmi FIFA.

Hasil ini masih menempatkan Brazil di puncak klasemen dengan 36 poin. Sementara itu, Ekuador duduk di peringkat ketiga dengan 24 poin dan tertinggal lima poin dari Argentina di posisi kedua.

Tim tamu mampu mendapatkan gol cepat ke gawang Ekuador pada menit ke-6 lewat kaki Casemiro setelah menyambar bola liar dengan kaki kanan. Skor menjadi 1-0.

Baca juga: Iran jadi wakil Asia pertama yang lolos ke Piala Dunia 2022

Ekuador malah harus bermain dengan 10 orang pada menit ke-15. Kiper Alexander Dominguez diganjar kartu merah oleh wasit Wilmar Roldan setelah melanggar Matheus Cunha di luar kotak penalti.

Tensi pertandingan makin tinggi dan kini giliran Brazil yang mendapat kartu merah pada menit ke-25. Emerson Royal diganjar kartu kuning kedua setelah melanggar pemain Ekuador di sisi lapangan dalam duel udara.

Brazil sempat diganjar kartu merah kedua setelah kaki kiper Alisson Becker mengenai kaki Enner Valencia setelah menyapu bola di luar kotak penalti. Wasit kemudian menganulir keputusannya dan mengganti ke kartu kuning usai melihat VAR.

Kedua tim saling bergantian menyerang, tetapi hingga babak pertama usai tidak ada tambahan gol dan Brazil masih unggul satu gol.

Tensi pertandingan makin tinggi dan giliran Brazil yang harus bermain dengan 10 orang di menit ke-25. Emerson Royal diganjar kartu kuning kedua setelah melanggar pemain Ekuador di sisi lapangan dalam duel udara.

Baca juga: Balotelli: usia 31 tahun, bermain untuk tim nasional seharusnya normal

Brazil sempat diganjar kartu merah kedua setelah kaki kiper Alisson Becker mengenai kaki Enner Valencia gegara menyapu bola di luar kotak penalti. Wasit kemudian menganulir keputusannya dan mengganti ke kartu kuning usai melihat VAR.

Kedua tim saling bergantian menyerang. Hingga turun minum tak ada gol tambahan dan skor 1-0 bertahan untuk keunggulan Brazil.

Babak kedua berjalan makin seru. Wasit malah sempat memberikan Ekuador hadiah penalti pada menit ke-56 setelah Rafinha dianggap melanggar Pervis Estupinan.

Protes dilakukan para pemain Brasil. Wasit kemudian membatalkan keputusannya setelah meninjau ulang VAR.

Gabriel Jesus membuang peluang emas pada menit ke-68. Dia gagal melewati kiper Ekuador usai menerima umpan terobosan.

Ekuador bisa menyamakan skor menjadi 1-1 pada menit ke-75. Felix Torres sukses merobek gawang Alisson setelah menyambar bola umpan sepak pojok dengan sundulan.

Tim samba dalam tekanan di akhir-akhir laga. Ekuador kemudian diberikan hadiah penalti setelah Alisson dianggap melanggar lawan dan kiper Liverpool itu diganjar kartu kuning kedua.

Setelah meninjau ulang lewat VAR, lagi-lagi Alisson selamat dari kartu merah. Wasit juga menganulir keputusan penalti dan skor 1-1 bertahan sampai laga tuntas.

Baca juga: Hasil undian playoff Piala Dunia 2022: Italia dan Portugal satu jalur
Baca juga: Playoff antarbenua Piala Dunia 2022 hanya satu leg

Pewarta: Hendri Sukma Indrawan
Editor: Bayu Kuncahyo
Copyright © ANTARA 2022