Carmaux, Prancis (ANTARA News/Reuters) - Pembalap sepeda Jerman Andre Greipel mengungguli pesaingnya, Mark Cavendish, untuk merebut kemenangan pada etape ke-10 Tour de France, Selasa.

Greipel, yang bekerja untuk Cavendish di tim HTC-Highroad sampai tahun lalu, mengungguli Cavendish untuk memberi timnya, Omega Pharma Lotto, sebuah kemenangan.

Kemenangan tersebut diraih dua hari setelah pemimpin tim Jurgen van den Broeck, yang sebelumnya menargetkan finis di podium di Paris, mengundurkan diri dari balapan karena cedera setelah kecelakaan.

Pembalap Prancis Thomas Voeckler dari tim Europcar mempertahankan kaus kuning pemimpin klasemen pembalap setelah menghabiskan hari itu di posisi aman bersama kelompok besar pembalap.

Rekan setim Andy Schleck, Fabian Cancellara, pembalap Belanda Robert Gesink, dan pembalap AS Levi Leipheimer, terlibat dalam sebuah tubrukan namun masih bisa bertahan dan mencapai garis finis.

Setelah kelompok besar pembalap dapat mengejak kembali para pembalap yang melepaskan diri ke depan, pemakai kaus hijau Philippe Gilbert, pembalap nomor satu dunia, melesat ke depan satu kilometer dari puncak tanjakan kategori empat sampai Cote de Mirandol Bourgnounac, diikuti empat pembalap termasuk Voeckler.

Keempat pembalap tersebut mencatat jarak 15 detik namun kelompok besar pembalap bisa mengejarnya saat balapan tersisa sekitar lima kilometer.

Pada bagian terakhir balapan itu, Cavendish melakukan sprint sedikit lebih awal dan membuat Greipel bisa mengalahkan dia di garis finis.

Etape ke-11 yang digelar Rabu (13/7) akan membawa rombonga pembalap sejauh 167,5km dari Blaye les Mines hingga Lavaur.(*)

(Uu.I015/Z002)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2011