Jakarta (ANTARA) - Grup idola K-pop Bangtan Seonyondan (BTS) mendapatkan delapan penghargaan untuk album dan lagu yang sukses dirilis tahun lalu dalam perhelatan Gaon Chart Music Awards ke-11 yang digelar pada Kamis (27/1).

Seperti dikutip dari The Korea Herald, Jumat, pada upacara penghargaan musik tahunan yang diadakan di Jamsil Arena, Seoul timur itu, BTS memenangkan penghargaan terbanyak tahun ini di antara semua penyanyi, termasuk kategori artis terbaik, musik digital dan album fisik.

Penghargaan diberikan kepada 12 lagu digital yang menduduki puncak tangga lagu setiap bulan dan empat album fisik yang paling banyak terjual setiap triwulan antara 1 Desember 2020, dan 30 November 2021.

Baca juga: BTS kenakan setelan berkelanjutan di sidang PBB

Berdasarkan statistik chart, lagu “Butter” dan “Permission to Dance” terpilih sebagai lagu terbaik untuk Mei dan Juli tahun lalu, sementara “My Universe”, single kolaborasi BTS dengan band rock Inggris Coldplay, terpilih sebagai yang terbaik. “Butter” juga terpilih sebagai album fisik terbaik kuarter ketiga.

BTS juga meraih piala dalam empat kategori lainnya, termasuk musik terlaris tahun, hot star, pilihan global MuBeat dan album ritel terbaik untuk lagu "Dynamite."

Melalui pesan video, mereka mengatakan, "Terima kasih dari lubuk hati kami. Kami telah mempersiapkan banyak lagu, kami juga dapat menikmati aktivitas kami,”.

Sementara itu, penyanyi IU mendapatkan kemenangan terbanyak kedua tahun ini. Pelantun "Celebrity," "Lilac" dan "Strawberry Moon" itu memenangkan kategori lagu terbaik untuk Januari, Maret dan Oktober tahun lalu.

Dia juga menerima dua penghargaan tambahan untuk penulis lirik dan produksi rekaman terbaik.

Selain BTS dan IU, Taeyeon dari grup idola K-pop Girls' Generation, SHINee, Kang Daniel, Brave Girls, Red Velvet, Twice, IZ*ONE, NCT Dream, dan NCT 127 juga membawa pulang penghargaan dalam kategori artis terbaik.

Penyanyi Lee Mu-jin dan Lee Chan-won memenangkan penghargaan rookie of the year melalui karya "Scent of the Day" dan "Convenience Store".

Gaon Chart Music Awards ke-11 dipandu Doyoung NCT, Sieun dan Jaejae StayC.

Total sebanyak 14 artis K-pop termasuk NCT 127, NCT Dream, StayC, Kang Daniel, Red Velvet, Minho SHINee, Brave Girls, Standing Egg, Oh My Girl, Lee Mu-jin, Lee Chan-won, Lim Young-woong , Taeyeon dan Homies hadir dalam acara itu.

Baca juga: Suga BTS pulih dari COVID-19

Baca juga: V BTS isi soundtrack untuk drama "Our Beloved Summer"

Baca juga: BTS sabet sertifikat "double platinum" lewat "Butter" di AS

Penerjemah: Lia Wanadriani Santosa
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2022