Praya, Lombok Tengah (ANTARA) - Pemerintah Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat mulai melakukan perbaikan ruas jalan yang dijadikan rute Tour de France L’Etape Indonesia yang akan digelar tanggal 20 Februari 2022 mendatang.

"Jalur lomba balap sepeda itu sedang kita persiapkan bersama Pemerintah Provinsi NTB," kata Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Kabupaten Lombok Tengah, Lalu Rahadian di Praya, Jumat.

Ruas jalan yang saat ini sedang dipersiapkan yakni jalur Mujur Peras Kecamatan Praya Timur yang merupakan kewenangan pemerintah daerah. Sedangkan untuk ruas jalan provinsi yang di Kecamatan Praya Barat sampai di Kuta menjadi kewenangan Provinsi.

"Semua ruas jalan yang akan dilewati itu sedang dilakukan perbaikan di beberapa titik yang rusak," katanya.

Semua ruas jalan yang dijadikan rute ajang Tour de France L’Etape Indonesia tersebut ditargetkan tuntas pertengahan bulan Februari atau sebelum lomba dimulai.

Baca juga: Pemkab Lombok siap sukseskan even Tour D France L'Etape Indonesia

"Semoga perbaikan jalan cepat selesai sesuai rencana," katanya.

Sebelumnya, Pemerintah Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat menggelar rapat koordinasi di kantor bupati setempat, dalam rangka mendukung penyelenggaraan Tour de France L’Etape Indonesia tanggal 20 Februari Tahun 2022.

Pemerintah daerah juga akan melakukan koordinasi dengan pemerintah provinsi terkait ruas jalan yang harus diperbaiki dan dipersiapkan jalur yang akan dilewati dalam kegiatan tersebut.

"Jalur L’Etape yakni Praya Barat dan Praya Barat Daya dan Kecamatan Pujut. Kita akan koordinasikan dengan provinsi dan Kementerian PUPR,” kata Sekda Lombok Tengah, Lalu Firman Wijaya.

Sementara itu, Race Director L ‘Etape Indonesia Zaky menjelaskan, bahwa persiapan untuk event ini sudah 85 persen, baik dari kepanitiaan sudah melakukan beberapa persiapan penting termasuk jalur yang akan di lewati oleh peserta.

"Kita sudah siap melaksanakan tinggal beberapa kendala yakni pengamanan dan kondisi rute atau jalan yang masih ada perlu penyelesaian oleh pemerintah daerah," katanya.

Baca juga: 1300 peserta dari 18 negara konfirmasi ikuti L'etape Indonesia 2020
 

Pewarta: Akhyar Rosidi
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2022