Saya ingin tahu keberadaan dia bermain sejak menit awal, sebab di tiga laga awal hanya bermain 15 menit, 20 menit dan 30 menit
Surabaya (ANTARA) - Pelatih Persebaya Surabaya Aji Santoso memberi kesempatan kepada striker asingnya, Arsenio Valpoort, bermain sejak menit awal saat pertandingan lanjutan kompetisi Liga 1 melawan PS Sleman pada Sabtu, 29 Januari 2022.

"Saya ingin tahu keberadaan dia bermain sejak menit awal, sebab di tiga laga awal hanya bermain 15 menit, 20 menit dan 30 menit," ujar Aji saat konferensi pers menjelang pertandingan Persebaya melawan PSS yang dilakukan secara daring, Jumat.

Laga lanjutan pekan ke-21 seri keempat tersebut akan digelar di Stadion I Wayan Dipta, Bali, yang kick off mulai pukul 19.15 WITA atau 18.15 WIB.

Aji juga menyampaikan Arsenio Valpoort selama latihan jeda libur kompetisi selama sepekan di Surabaya mendapat porsi khusus, yakni penyelesaian akhir.

Di tiga laga sejak didatangkan di tengah musim dan diplot sebagai predator pengganti Jose Wilkson, Arsenio Valpoort yang belum menyarangkan satu gol pun.

Pemain berkebangsaan Belanda tersebut juga masih dianggap belum mampu beradaptasi dengan tim karena kerap melewatkan peluang di depan gawang, meski hanya mendapat sedikit menit bermain.

Pada laga melawan PSS, Aji Santoso juga tidak bisa menurunkan komposisi terbaik akibat lima anak asuhnya dipanggil Timnas yang sekarang berkonsentrasi menghadapi Timor Leste di laga uji coba internasional.

Baca juga: Persebaya latihan taktik fokus hadapi PSS

Kelima pemain yaitu kiper Ernando Ari, bek Rizky Ridho dan Rahmat Irianto, ditambah dua gelandang Ricky Kambuaya serta Marselino Ferdinand.

"Saya sudah menyiapkan alternatif pengganti mereka sejak latihan di Surabaya. Begitu juga saat pagi tadi di latihan mencoba lapangan," ucap Aji.

Di posisi penjaga gawang, Andika Ramadhani tempat menjadi pilihan utama dengan kawalan duet bek tengah Arif Satria serta Alie Sesay yang sudah kembali bergabung bersama tim. Di sektor bek kanan, Ady Setiawan akan dimainkan sejak menit awal, serta Reva Adi Utama di sisi pertahanan kiri.

Posisi gelandang diperkirakan menjadi tempat Alwi Slamat dan M Hidayat, dibantu duo pemain impor andalan “Bajol Ijo”, Bruno Moreira serta Taisei Marukawa.

Sedangkan, pengganti Marselino diperkirakan diisi Akbar Firmansyah atau tidak menutup kemungkinan memasang Samsul Arif yang ditempatkan sedikit di belakang Arsenio Valpoort sebagai goal getter.

Baca juga: PSS evaluasi transisi pemain hadapi Persebaya

Sementara itu di laga putaran pertama pada September 2021, Persebaya sukses mengalahkan PSS dengan skor 3-1.

Kali ini, target tiga poin kembali diusung demi mempertahankan papan atas klasemen sementara sekaligus menjaga asa juara Liga 1 musim kompetisi 2021/2022.

Arif Satria dan kawan-kawan berada di peringkat empat dengan koleksi 39 poin atau selisih hanya empat angka dari pemuncak klasemen Bhayangkara FC, lalu dua angka dari Arema FC di posisi dua dan satu angka dari Persib Bandung di posisi tiga.

Sedangkan, PSS saat ini berada di posisi Sembilan juga sangat membutuhkan poin penuh untuk memangkas selisih angka dengan Borneo FC yang berada tepat di atasnya.

Anak asuhan I Putu Gede tersebut hingga pekan ke-20 masih mengoleksi 25 angka, sedangkan rival terdekatnya, Borneo FC, sudah mengantongi 30 angka dengan jumlah pertandingan sama.

Baca juga: Arsenio Valpoort latihan khusus asah naluri gol
Baca juga: Persebaya fokus penyelesaian akhir saat latihan jelang lawan PSS


Pewarta: Fiqih Arfani
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2022