Jakarta (ANTARA) - Gojek telah menyiapkan sejumlah gebrakan di tahun 2022 yang berfokus pada pilar inovasi dan inklusivitas, termasuk menghadirkan layanan pengiriman menggunakan moda transportasi roda empat dan pengiriman multi-delivery.

"Kebutuhan pengiriman cepat di era pandemi sangat dirasakan oleh para pelaku usaha, di mana melalui GoSend API (Application Programming Interface), ribuan partner dan jutaan sellers dapat menggunakan layanan kami dengan mudah langsung melalui integrasi platform usaha," ujar Head of Logistics Gojek Steven Halim dalam keterangannya, Jumat.

Memasuki tahun 2022, Gojek melihat masyarakat memiliki ekspektasi tinggi terhadap kecepatan dan keandalan pengiriman. Selain itu, makin banyak masyarakat yang menggunakan layanan logistik untuk pengiriman barang kebutuhan sehari-hari.

Baca juga: GoFood hadirkan festival GoFoodieland, diikuti 30.000 mitra UMKM

Penggunaan layanan pengiriman untuk menunjang bisnis online juga dinilai kian menjadi prioritas, seiring minat terhadap kemudahan pengiriman last-mile yang ikut meningkat.

Guna menjawab kebutuhan tersebut, GoSend telah menyiapkan sejumlah inovasi yang diyakini akan semakin mengoptimalkan layanan logistik online baik untuk pelaku usaha maupun konsumen.

Pertama, Gosend akan menghadirkan inovasi layanan yang disesuaikan bagi kebutuhan mitra e-commerce. Salah satu kolaborasi yang nanti dapat dirasakan adalah pengiriman lebih awal, dengan pesanan GoSend sebelum jam operasional untuk mempercepat pengiriman oleh mitra.

GoSend juga akan menghadirkan proteksi ekstra untuk barang yang dikirim. Premium Insurance dari GoSend akan memberikan perlindungan asuransi dengan nilai tanggungan hingga Rp20 juta.

Inovasi berikutnya, pengguna GoSend akan bisa mengirim barang dalam jumlah lebih banyak dengan ukuran lebih besar lewat kehadiran armada mobil GoSend.

Baca juga: GoPlay hadirkan inovasi baru untuk "live streaming"

Gosend juga menghadirkan layanan Multi-Delivery yang memungkinkan mitra driver GoSend mengambil paket dari satu alamat pengiriman dan mengantarkannya ke hingga lima lokasi pengiriman yang berbeda.

Dengan GoSend Multi-Delivery, waktu pengiriman diyakini bisa lebih efisien, hemat biaya pengiriman hingga 30 persen, mudah dilacak, serta mengurangi jejak karbon. Layanan GoSend Multi-Delivery sudah hadir dalam skala nasional.

Pada 2022 Gosend juga akan memperluas wilayah layanan. Setelah menghadirkan layanan GoSend Sameday di wilayah Jadetabek, Bandung, dan Surabaya dan GoSend Intercity di Jadetabek, Bandung, Jogjakarta, Solo, Malang, Sidoarjo, dan Semarang, GoSend akan mengaspal kembali dengan kedua layanan tersebut di wilayah pulau Jawa.

Selain itu, setelah Vietnam, GoSend juga telah siap melebarkan sayap go international dan menghadirkan GoSend Instant di negara lain di Asia Tenggara.

Sementara itu, Head of Marketing Logistic Gojek Marsela Renata menegaskan komitmennya untuk terus hadir mendukung pertumbuhan UMKM melalui kampanye BestSeller.

Baca juga: Gojek dan The Trade Desk hadirkan GoScreen

"Tak berhenti pada inovasi produk yang semakin memudahkan, kami juga menyiapkan serangkaian program yang disiapkan untuk mendukung mereka menjadi penjual-penjual terbaik (Best Seller). Bentuknya beragam mulai dari promo spesial, Grup BestSeller, program loyalty, penghargaan, hingga kegiatan sosialisasi dan edukasi,' kata Marsela.

Dalam kesempatan tersebut, Direktur Center for Policy and Public Management Sekolah Bisnis dan Manajemen, Institut Teknologi Bandung (SBM ITB) Yudo Anggoro mengungkapkan bahwa pandemi COVID-19 telah meningkatkan perilaku belanja online dan permintaan masyarakat terhadap layanan pengiriman barang.

Hal itu antara lain berdampak pada pertumbuhan eksponensial pengiriman first mile-last mile, serta tuntutan akan teknologi pelacakan barang yang real time dan jaminan keamanan barang yang dapat dipercaya.

"Di sinilah kami melihat GoSend telah hadir menjawab pergeseran kebutuhan serta tuntutan masyarakat tersebut melalui inovasi layanannya. Hasilnya, GoSend menjadi pilihan top of mind bagi banyak orang untuk mengirimkan barang secara aman, cepat, dan ekonomis," ucap Yudo.

Yudo menambahkan bahwa ke depannya, aspek kecepatan dan keandalan pengiriman akan makin menjadi prioritas pengguna layanan dan pelaku usaha online akan menjadi pengguna utama layanan pengiriman.

Baca juga: Gojek beri transportasi gratis bagi relawan vaksinasi lewat GoCorp

Baca juga: GoFood pelopori fitur ongkos parkir otomatis di aplikasi

Baca juga: Gojek fokuskan dua inovasi layanan transportasi pada 2022

Pewarta: Fathur Rochman
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2022