Portal geologi Indonesia merupakan bagian dari transformasi pelayanan publik dalam bentuk penyediaan informasi leksikon stratigrafi, cekungan sedimen, warisan geologi, dan peta-peta di seluruh Indonesia
Jakarta (ANTARA) - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) meluncurkan portal geologi untuk memudahkan dan mempercepat pelayanan informasi geologi di Indonesia kepada masyarakat dan stakeholder.

Transformasi dalam pelayanan publik ini merupakan salah satu upaya Badan Geologi Kementerian ESDM untuk mewujudkan pelayanan publik yang berkualitas, yaitu dengan memberikan kemudahan akses kepada masyarakat untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan.

"Portal geologi Indonesia merupakan bagian dari transformasi pelayanan publik dalam bentuk penyediaan informasi leksikon stratigrafi, cekungan sedimen, warisan geologi, dan peta-peta di seluruh Indonesia," kata Menteri ESDM Arifin Tasrif dalam keterangannya di Jakarta, Jumat.

Arifin menjelaskan pihaknya memiliki amanah untuk menjamin ketersediaan energi dan sumber daya mineral dalam pembangunan nasional.

Selain itu, Kementerian ESDM melalui Badan Geologi menyediakan pelayanan data dan informasi survei geologi dan geofisika, serta melakukan penyelidikan dan pemetaan untuk menghasilkan data, informasi dan peta-peta dalam berbagai tema dan skala.

Peran pelayanan publik semakin penting dalam menunjang pembangunan infrastruktur nasional yang saat ini sedang dilakukan secara masif.

"Hal ini dapat dilihat pada kegiatan penataan ruang berbasis geologi sehingga dapat mengurangi resiko akibat bencana geologi," ujar Arifin.

Wakil Ketua Komisi VII DPR RI Maman Abdurrahman mengapresiasi upaya yang telah dilakukan pemerintah untuk memberikan kemudahan akses kepada masyarakat untuk menjangkau informasi geologi.

Menurutnya, pasca pandemi, perilaku pribadi maupun institusional mengalami pergeseran dan perubahan yang sangat signifikan.

"Portal geologi adalah sebuah bentuk pergeseran atau adaptasi terhadap tantangan zaman yang menurut saya perlu kita respons positif dan kita dukung," ucap Maman.

Selain memberikan apresiasi, Maman juga meminta Kementerian ESDM untuk terus mengevaluasi dan meningkatkan kualitas data dan informasi yang ada di dalam portal geologi Indonesia, karena salah satu manfaat portal geologi ini adalah memudahkan para pelaku di bidang geologi untuk mengakses segala hal terkait informasi geologi yang ada di Indonesia.

Pusat Survei Geologi, Badan Geologi, Kementerian ESDM telah melakukan survei, penyelidikan, dan pemetaan geologi dan geofisika di seluruh wilayah Indonesia yang terangkum dalam database geologi Indonesia.

Kegiatan tersebut telah menghasilkan banyak data dasar geologi, ribuan publikasi dan 4.756 peta-peta geologi dan geofisika dalam berbagai tema dan skala.

Produk-produk tersebut dapat diakses secara fisik oleh publik dan masyarakat luas di perpustakaan Pusat Survei Geologi. Perpustakaan geologi di Pusat Survei Geologi menyimpan data dan informasi geologi dari seluruh wilayah Indonesia yang terhimpun sejak zaman penjajahan Belanda.

Portal Geologi Indonesia merupakan bagian dari transformasi pelayanan publik dalam bentuk penyediaan informasi geologi yang terdiri dari leksikon stratigrafi, geomap, geoheritage (warisan geologi), dan cekungan sedimen.

Leksikon stratigrafi menyajikan data dasar informasi 1.856 unit satuan litostratigrafi di seluruh Indonesia yang berasal dari peta geologi yang telah terbit.

Untuk melihat sebaran unit satuan litostratigrafi tersebut dalam tampilan geospasial, publik dapat membuka geomap. Geomap tidak hanya menyediakan peta-peta dalam format raster, tetapi juga peta geologi dalam bentuk vector.

Pengguna dapat mengunduh peta-peta yang dibutuhkan secara langsung. Bagi masyarakat yang ingin mengakses portal geologi Indonesia dapat mengakses di alamat https://geologi.esdm.go.id/geolindo.

Baca juga: Badan Geologi rekomendasikan 28 wilayah kerja tambang
Baca juga: Para ahli geologi UGM dorong optimalisasi energi hijau Indonesia
Baca juga: Badan Geologi perbarui peta kawasan rawan bencana Gunung Semeru


 

Pewarta: Sugiharto Purnama
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2022