Pascaledakan Tempat Produksi Petasan Dirazia Polisi

Indramayu (ANTARA News) - Pascaledakan gudang petasan di Desa Teluk Agung Kecamatan Indramayu Kabupaten Indramayu, Jawa Barat, yang menewaskan Karya pemilik gudang, Selasa (12/7) tersebut kini Polres Indramayu merazia semua tempat produksi petasan.

Peristiwa meledaknya gudang petasan di Desa Teluk Agung Kecamatan Indramayu bukan pertama kali, namun merupakan deretan panjang kecelakaan ledakan petasan yang sering menelan korban jiwa, padahal pihak Kepolisian sudah berusaha maksimal menekan peredaran petasan tersebut.

Kapolres Indramayu AKBP Rudy Setiawan kepada wartawan di Indramayu, Rabu, mengatakan, pihak kepolisian saat ini sedang melakukan razia petasan ditempat produksi petasan seperti Desa Teluk Agung Kecamatan Indramayu, Desa Lohbener, Desa Lohbener Lor kecamatan Jatibarang.

"Berbabagi upaya baik secara pendekatan juga menindak mereka yang terbukti memproduksi dan menjual petasan dilakukan melalui jalur hukum, namun bukan hal yang mudah karena alasan produsen ini sudah pekerjaannya,"katanya.

Pihaknya sudah bekerjasama dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Indramayu, kata Rudy, untuk mengubah pola penghasilan mereka dari membuat petasan keusaha lain, namun hingga kini masih ada diantara mereka yang tetap memproduksi petasan tersebut.

Sementara itu dalam razia petasan tersebut jutaan petasan dari berbagai jenis berhasil diamankan polisi, tiga desa yang merupakan central produksi petasan terus disisir anggota Polres Indramayu.

Menurut keterangan Ahmad warga setempat, produksi petasan di Indramayu memang sudah berdiri sejak dulu hingga mereka menganggap itu bekerja biasa, padahal produksi petasan mengancam keselamatan warga sekitar.

"Pihak Polres Indramayu sering merazia pabrik petasan namun warganya yang bandel, sulit diarahkan mereka tetap beralasan sulit mencari penghasilan lain, selain membuat petasan,"katanya.

Petasan produksinya meningkat menjelang bulan puasa dan Lebaran Idul Fitri, kata Ahmad, sedangkan hari biasa pesanan kurang maksimal, petasan hasil produksi Indramayu dipasok ke Jakarta, Bandung, Cirebon, Tegal, Tasikmalaya.Sumedang.

Langkah polisi merazia tempat pembuatan petasan jangan bosan harus rutin digelar minil menekan jumlah produski karena biasanya produsen petasan membuat petasan dalam jumlah banyak menjelang bulan puasa.

Dalam razia tersebut sejumlah warga Desa Teluk Agung Kecamatan Indramayu kabupaten Indramayu inisiatif menyerahkan petasan yang sudah jadi, mereka mengumpulkan petasan-petasan tersebut di balai desa setempat.(*)
(ANT-061/Y003)

Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © ANTARA 2011

Mobil bermuatan petasan meledak lukai lima orang

Komentar