Soal waktu pelaksanaan yang sebentar lagi, Insya Allah kalau membangun jalan, itu bisa cepat dikerjakan
Jakarta (ANTARA) - Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria optimistis pembangunan sirkuit Formula E bisa berlangsung cepat tidak seperti pembangunan infrastruktur gedung bertingkat.

"Soal waktu pelaksanaan yang sebentar lagi, Insya Allah kalau membangun jalan, itu bisa cepat dikerjakan. Beda kalau kita membangun gedung. Ini kita membangun jalan ya," kata Riza di Jakarta, Jumat.

Riza Patria mengatakan hal ini terkait banyaknya orang yang mempertanyakan apakah gelaran balap mobil listrik Formula E bisa terlaksana sesuai jadwal pada Juni 2022. Apalagi, tender pengerjaan lintasan Formula E diulang.

Terkait tender pengerjaan sirkuit Formula E, Riza menyebut, yang terjadi bukanlah gagal tender, tapi perlu ada perbaikan untuk keterbukaan sehingga tender itu diulang. "Karena kita ingin semua prosesnya berlangsung baik dan transparan," ucapnya.

Riza menjelaskan, transparan yang dimaksud yaitu keterbukaan secara teknis, karena dalam penyelenggaraan kegiatan internasional banyak persyaratan yang harus dipenuhi.

"Tidak semudah seperti membangun jalan dan sebagainya. Ini kegiatan internasional, sirkuit berkelas internasional. Jadi harus ada syarat-syarat yang (terpenuhi)," ucapnya.

Diberitakan sebelumnya, lelang jasa bangun proyek pembangunan lintasan balap Formula E ditender ulang oleh Jakpro.

Dalam laporannya, Jakpro menyebut dua penyedia barang dan jasa, antara lain penyedia jasa pelaksana untuk konstruksi jalan raya (kecuali jalan layang), jalan, rel kereta api, dan landas pacu bandara.

Berikutnya adalah penyedia jasa terintegrasi untuk infrastruktur transportasi. Total, nilai HPS dalam kegiatan tersebut senilai Rp50,157 miliar.

Direktur Pengelolaan Aset PT Jakarta Propertindo (Jakpro) sekaligus Managing Director Formula E Gunung Kartiko menargetkan proses pemilihan kontraktor pembangunan sirkuit Formula E selesai awal Februari 2022.

Jakpro sendiri akan mengebut pembangunan sirkuit Formula E yang berlangsung di Ancol, Jakarta Utara dan menargetkan waktu pengerjaan selama tiga bulan hingga April 2022.

Baca juga: Seluruh elemen diminta beri kesempatan panitia gelar Jakarta E-Prix
Baca juga: Pemprov DKI percayakan pembangunan arena balap Formula E pada Jakpro
Baca juga: Panitia Formula E studi banding ke Diriyah Arab Saudi

Pewarta: Ricky Prayoga
Editor: Riza Harahap
Copyright © ANTARA 2022