Cavendish Catat Kemenangan ke-18 Tour de France

Lavaur, Prancis (ANTARA News/AFP) - Pebalap Inggris Raya Mark Cavendish menebus kekalahan dari pesaingnya asal Jerman Andre Greipel dengan mencatat kemenangan ke-18 selama karirnya pada Tour de France dengan merebut etape ke-11, Rabu.

Pebalap Prancis Thomas Voeckler dari tim Europcar mempertahankan kaus kuning pemimpin klasemen pebalap setelah etape yang menempuh 167,5km dari Blaye-les-Mines hingga Lavaur, yang berakhir dengan sprint sekelompok pebalap setelah yang melepaskan diri dari kelompok besar pebalap, dapat dikejar kembali empat kilometer sebelum finis.

Voeckler menyelesaikan etape bersama pebalap lain yang menjadi favorit untuk merebut kaus kuning, untuk mempertahankan keuggulannya satu menit 49 detik atas pebalap Spanyol Luis Leon Sanchez dari tim Rabobank.

Ini merupakan kemenangan ketiga Cavendish pada Tour tahun ini, setelah kemenangan pada etape lima di Cap Frehel dan etape tujuh di Chateauroux.

Sehari setelah dikalahkan saat finis etape 10 oleh Greipel, Cavendish mengalahkan sprinter tim Omega-Pharma itu dengan lebih satu panjang sepeda dalam etape yang diwarnai hujan tersebut.

Pebalap berusia 26 tahun itu juga mengambil alih penguasaan klasemen poin (kaus hijau) dari juara Belgia Philippe Gilbert.

Etape ke-12 yang akan digelar Kamis (14/7) merupakan yang pertama dari tiga etape beruntun di Pyrenees dan diperkirakan akan terjadi pertarungan ketat memperebutkan kaus kuning antara Alberto Contador, Andy Schleck, dan Cadel Evans.(*)
(I015/Z002)

Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © ANTARA 2011

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar