Laporan dari China

Presiden China bakal temui sejumlah kepala negara di Winter Olympic

Presiden China bakal temui sejumlah kepala negara di Winter Olympic

Suasana media center menjelang Olimpiade Musim Dingin Beijing 2022 di Beijing, China, Kamis (27/1/2022). Penyelenggaraan Olimpiade Musim Dingin Beijing yang rencananya dibuka 4 Februari mendatang di tengah merebaknya varian Omicron, pemerintah China menerapkan strategi "Dynamic Clearing" dimana kebijakan penanganan COVID-19 berpindah ke otoritas lokal. ANTARA FOTO/REUTERS/Fabrizio Bensch/rwa.

Beijing (ANTARA) - Presiden China Xi Jinping dijadwalkan bertemu sejumlah kepala negara, kepala pemerintahan, anggota keluarga kerajaan, dan pimpinan organisasi internasional di sela-sela pembukaan Olimpiade Musim Dingin (Winter Olympic) di Beijing.

Pertemuan tersebut dijadwalkan dalam acara pembukaan Winter Olympic dan jamuan makan bersama, demikian pernyataan tertulis juru bicara Kementerian Luar Negeri China Hua Chunying yang diterima ANTARA Beijing, Jumat.

Di sela-sela acara tersebut Presiden Xi juga bakal menggelar berbagai pertemuan bilateral.

China telah menetapkan 387 anggota delegasinya ke ajang multicabang olahraga musim dingin empat tahunan tersebut, termasuk 176 orang atlet.

Baca juga: COVID meningkat jelang Olimpiade, Beijing berupaya tekan penularan

Winter Olympic 2022 dibayangi oleh aksi boikot diplomatik Amerika Serikat dan sejumlah negara sekutu.

Ajang tersebut juga dihantui oleh munculnya beberapa kasus COVID-19 varian Omicron di berbagai daerah di China, termasuk Beijing dan Provinsi Hebei sebagai tempat penyelenggaraan Winter Olympic.

Namun Ketua Komite Olimpiade Internasional (IOC) Thomas Bach saat bertemu Xi Jinping beberapa hari yang lalu menyatakan kepuasannya atas semua persiapan yang sudah dilakukan oleh pihak tuan rumah. 

Baca juga: China kirim 176 atlet untuk bertanding di Olimpiade Musim Dingin 2022
Baca juga: Olimpiade Beijing bisa tunda Rusia invasi Ukraina

 

Pewarta: M. Irfan Ilmie
Editor: Mulyo Sunyoto
COPYRIGHT © ANTARA 2022

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar