London (ANTARA News) - Film Opera Jawa, karya Garin Nugroho serta penampilan kelompok musik dan tari Nusantara Arts Forum (NAF), Jakarta berhasil menyedot perhatian pengunjung Festival I'Isola del Cinema ke-17 yang digelar di Roma, Italia.

Minister Counsellor Pensosbud KBRI Roma, Musurifun Lajawa kepada ANTARA London, Kamis menyebutkan Isola del Cinema adalah festival musim panas selain penayangan film juga menampilkan pagelaran budaya serta pameran produk kerajinan diadakan di tepi sungai Trastevere yang membelah kota Roma, berlangsung selama tiga bulan hingga 4 September.

Dikatakannya selama seminggu dari tanggal 6 Juli lalu setiap malamnya diadakan pemutaran film box office dari negara-negara peserta, yang tahun ini diikuti Brazil, Chili, Indonesia, Jepang, Norwegia, Polandia, dan Venezuela.

Keikutsertaan Indonesia pada festival yang dipatroni presiden dan kemlu Italia ini dikemas dalam Malam Budaya Indonesia, dengan program utama penayangan film Indonesia, yang diawali dengan pagelaran budaya serta hidangan kuliner tradisional Indonesia.

Kuasa Usaha Sementara KBRI Roma, Priyo Iswanto mengatakan, meskipun Indonesia dan Italia secara geografis berjauhan, dengan saling mengenal melalui ekspose kekayaan dan keragaman budaya, perasaan kedekatan di antara masyarakatnya akan tercipta.

Diharapkannya pertukaran kunjungan masyarakat, termasuk wisatawan Indonesia dan Italia akan semakin meningkat pada tahun-tahun yang akan datang.

Kelompok musisi NAF menampilkan delapan tari pilihan nusantara yang dinamis, seperti Tari Pasembahan dari Sumsel, Tari Enggan dan Bambu dari Kaltim, Tari Dol, Kipas, Piring serta Indang dari Sumbar diiringi musik yang dibawakan oleh musisi Indonesia.

Menurut Musfihin, penayangan Opera Jawa di Roma merupakan saran penyelenggara, yang mengenal figur Garin Nugroho sebagai sutradara film Indonesia yang sudah cukup dikenal di Italia. Opera Jawa pernah ikut Festival Film Venezia, Italia, festival film tertua di dunia sejak 1932 .

Guru besar perbandingan musik Universitas Lasapienza, Roma, Giovanni Giuriati mengatakan, Opera Jawa yang ditampilkan dalam bentuk film musikal memberikan sentuhan seni tinggi.

Sebelum tampil di Roma, penari dari kelompok Nusantara Arts Forum yang sering tampil di berbagai Negara di Eropa, seperti Inggris, Perancis dan Swiss, di I'Isola del Cinema, tampil pada Festival Folklore Sabino Comicolano di Sant Angelo, Roma serta Festival Tre Torri ke-22 di Castelforte, Latina yang diadakan dari tanggal 14 hingga 21 Juli mendatang. (ZG/K004)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2011