RI Akan Usung Isu Visa ASEAN di Pertemuan Tingkat Menlu

RI Akan Usung Isu Visa ASEAN di Pertemuan Tingkat Menlu

Marty Natalegawa. (ANTARA)

Jakarta (ANTARA News) - Indonesia dalam pertemuan tingkat menteri Luar Negeri Perhimpunan Bangsa Asia Tenggara (ASEAN) di Bali pada 16 hingga 23 Juli 2011 akan mengusung wacana untuk membuat visa bersama ASEAN bagi pengunjung asal negara luar kawasan, kata Menteri Luar Negeri, Marty Natalegawa, di Jakarta.

"Gagasan visa bersama asean akan kita utarakan di pertemuan tingkat menlu Asean di Bali tanggal 16-23 Juli mendatang," katanya, Kamis.

Dia menjelaskan, visa bersama ASEAN konsepnya akan seperti visa Schengen milik beberapa negara Eropa dimana pengunjung asal negara luar kawasan bisa mengunjungi negara ASEAN sekaligus hanya dengan satu visa.

Namun, dia mengatakan, rencana visa bersama ASEAN ini masih akan dibicarakan lagi dengan pejabat-pejabat terkait.

Beberapa negara ASEAN sendiri sejak 2005 sudah memberlakukan bebas visa antara negara kawasan.

Dari 10 anggota ASEAN yakni Indonesia, Malaysia, Thailand, Filipina, Singapura, Brunei Darussalam, Laos, Vietnam, Kamboja dan Myanmar ada tiga negara yang belum menerapkan bebas visa bagi pengunjung asal negara ASEAN yakni Kamboja, Myanmar dan Laos.

Sebelumnya, juru bicara Wakil Presiden, Yopie Hidayat, mengatakan bahwa pemerintah sedang merancang bebas visa untuk masuk ke seluruh negara-negara ASEAN.

"Sampai sekarang, belum semuanya bebas visa, masih ada Kamboja, Laos dan Myanmar yang harus segera dibebaskan," katanya.
(T.A051)

Editor: Priyambodo RH
COPYRIGHT © ANTARA 2011

Imigrasi tahan wartawan asing di Palangka Raya

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar