Polisi selidiki penyebab kebakaran yang tewaskan tiga orang di Tebet

Polisi selidiki penyebab kebakaran yang tewaskan tiga orang di Tebet

Petugas Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan Jakarta Selatan mengevakuasi korban kebakaran yang menghanguskan beberapa rumah di Kelurahan Kebon Baru Kecamatan Tebet, Minggu (29/1/2022). ANTARA/HO-Sudin Gulkarmat Jakarta Selatan.

sempat ada percikan dari kabel kabel di lokasi rumah itu
Jakarta (ANTARA) - Pihak kepolisian menginvestigasi penyebab kebakaran yang menewaskan tiga penghuni kontrakan di Rukun Tetangga 03/Rukun Warga 01 Kelurahan Kebon Baru, Kecamatan Tebet, Jakarta Selatan pada Sabtu pagi.
 
"Berdasarkan informasi dari warga itu sempat ada percikan dari kabel kabel di lokasi rumah itu. Tapi untuk pasti kita tunggu hasil investigasi dari dinas pemadam kebakaran dan polisi," kata Camat Tebet Dyan Airlangga di Jakarta, Sabtu.

Baca juga: Dinsos DKI dirikan tenda untuk puluhan warga terdampak kebakaran Tebet
 
Menurut Dyan, dugaan awal percikan api berawal dari satu bangunan di lantai dua kontrakan, namun hal itu akan dipastikan dari hasil penyelidikan kepolisian dan dinas pemadam kebakaran.
 
Akibat kebakaran tersebut, sedikitnya 25 warga mengungsi ke tenda sementara yang disediakan Dinas Sosial DKI.

Dyan memastikan selama masa tanggap darurat lima hari ke depan, seluruh korban terdampak kebakaran akan mendapat bantuan makanan.
 
"Kita sudah siapkan susu bayi, selimut, pampers, alat kebersihan dan hand sanitizer, untuk antisipasi penyebaran COVID-19. Kemudian makanan akan kita siapkan selama lima hari sebagai tanggal darurat," ujar Dyan.

Sebelumnya, Perwira Piket Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) Jakarta Selatan, Sartono mengatakan awalnya petugas menerima informasi kebakaran pada pukul 05.05 WIB, kemudian langsung mengerahkan tiga mobil pemadam ke lokasi kejadian.

Baca juga: Tiga orang tewas akibat kebakaran rumah tinggal di Kebon Baru Tebet
 
"Yang terbakar tiga rumah dan satu rumah terdiri atas 9 pintu kontrakan. Korban Jamilah, (40), Madura Maseroh (60) dan Kumis (60)," tutur Sartono.
 
Petugas mampu memadamkan kobaran api setelah mengerahkan 13 unit mobil dan 60 personel pemadam kebakaran ke lokasi kejadian.

Sartono mengungkapkan petugas menemukan korban saat melakukan pendinginan dan pembersihan untuk mengurai puing sisa kebakaran.
 
Dikonfirmasi terpisah, Ketua RT03/01 Kebon Baru Kecamatan Tebet, Muslim menyebutkan bahwa pihaknya mengetahui peristiwa itu saat selesai melaksanakan Shalat Subuh sekira pukul 04.45 WIB.

"Kalau masalah peristiwa kita tahu pas Shalat Subuh anak-anak pada teriak begitu shalat selesai, saya ikut keluar tau-tau api sudah besar," ujar dia.

Baca juga: Polisi selidiki penyebab kebakaran rumah warga di Tebet

Pewarta: Sihol Mulatua Hasugian
Editor: Taufik Ridwan
COPYRIGHT © ANTARA 2022

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar