Kegiatan temu bisnis dalam rangka penguatan rantai pasok kawasan DPSP Mandalika ini melibatkan sebanyak 93 UMKM yang terbagi atas 45 UMKM pada hari pertama dan 43 sisanya di hari kedua
Jakarta (ANTARA) - PT Pertamina (Persero) bersama Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif serta pemerintah Nusa Tenggara Barat menggelar ajang temu bisnis antara pelaku UMKM dan industri perhotelan untuk meramaikan ajang balapan MotoGP Mandalika 2022.

Acara yang digelar selama dua hari mulai 27-28 Januari 2022 di Hotel Merumatta Senggigi, Lombok, tersebut berhasil mencatatkan total transaksi hingga Rp1,74 miliar.

"Kegiatan temu bisnis dalam rangka penguatan rantai pasok kawasan DPSP Mandalika ini melibatkan sebanyak 93 UMKM yang terbagi atas 45 UMKM pada hari pertama dan 43 sisanya di hari kedua," ujar Direktur Manajemen Industri Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Anggara Hayun Anujuprana dalam keterangannya di Jakarta, Sabtu.

Anggara menyampaikan sebanyak 27 industri perhotelan mengikuti acara pada hari pertama dan melakukan transaksi sebesar lebih dari Rp1,2 miliar. Sedangkan pada hari kedua terdapat 23 hotel yang ikut serta dengan total transaksi tercatat sekitar Rp507 juta.

Dia berharap kegiatan ini dapat menghasilkan suatu transaksi dan kerja sama erat dengan terus menjaga penawaran dan permintaan yang terus berkelanjutan dalam waktu yang lama. Bahkan terus berlanjut meskipun ajang balapan MotoGP Mandalika telah tuntas seluruhnya.

Salah satu UMKM peserta temu bisnis, Sayuk Wibawati mengaku senang mengikuti kegiatan tersebut. Menurutnya, ajang temu bisnis seperti itu bisa memperbesar peluang agar usahanya mampu dikenal secara luas dan mendapatkan pesanan dalam jumlah besar.

“Ada hotel yang sudah memesan sebanyak 1.500 kue produksinya ini dan pihak hotel memastikan akan re-order kembali saat ajang MotoGP Mandalika berlangsung, karena makin banyak tamu dan ini bagus sebagai ajang promosi produk saya,” ujar pemilik CV Safir Indo Raya yang juga mitra binaan Pertamina ini.

Vice President Corporate Communication PT Pertamina (Persero) Fajriyah Usman mengungkapkan dari total 93 UMKM peserta temu bisnis, enam di antaranya merupakan mitra binaan Pertamina.

"Mereka terpilih mengikuti ajang tersebut setelah proses kurasi yang ketat. Alhasil, mereka juga berhasil menggaet belasan hotel dan resort untuk dapat menjalin kerja sama dan menggunakan produknya," ujarnya.

Fajriyah menuturkan pihaknya ingin senantiasa menghadirkan energi yang dapat menggerakkan roda ekonomi. Energi yang menjadi bahan bakar, serta energi yang menghasilkan pertumbuhan berkelanjutan, serta berupaya terus mendorong setiap mitra binaan menjadi UMK naik kelas dan Go Global.

Pertamina yang kini berusia genap 64 tahun juga senantiasa mendukung pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs) melalui implementasi program-program berbasis Environmental, Social, and Governance (ESG) di seluruh wilayah operasionalnya. Hal ini merupakan bagian dari Tanggung Jawab Lingkungan dan Sosial (TJSL) demi mewujudkan manfaat ekonomi di masyarakat.

Baca juga: Sebelas UMK binaan Pertamina raih nilai ekspor hingga Rp9 miliar

Baca juga: Pertamina raih Muri kategori pemberdayaan UMKM wanita

Baca juga: Kerja keras Pertamina menjaga UMKM di tengah pandemi

 

Pewarta: Sugiharto Purnama
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2022