Tenis

Medvedev didenda Rp170 juta karena omeli wasit di Australian Open

Medvedev didenda Rp170 juta karena omeli wasit di Australian Open

Arsip foto - Petenis Daniil Medvedev asal Rusia mengembalikan bola ke arah lawannya petenis Henri Laaksonen asal Swiss pada babak pertama Kejuaraan Australia Terbuka 2022 di Melbourne Park, Melbourne, Australia, Selasa (18/1/2022). ANTARA FOTO/REUTERS/Asanka Brendon Ratnayake/wsj.

Jakarta (ANTARA) - Daniil Medvedev mendapat denda 12 ribu dolar AS (setara Rp170 juta) karena tindakannya yang mengomeli wasit selama pertandingan semifinal Australian Open melawan Stefanos Tsitsipas, Jumat kemarin.

Petenis Rusia peringkat dua dunia itu dikenai dua jenis denda, masing-masing dari tenis Australia sebesar 8 ribu dolar AS karena tindakan kasar, dan 4 ribu dolar AS akibat perlakuan tidak sportif.

Petenis berusia 25 tahun itu mengamankan final kedua secara beruntun di Australian Open setelah memenangi pertandingan empat set atas Tsitsipas di semifinal yang berakhir dengan skor 7(7)-6(5), 4-6, 6-4, 6-1.

Namun alih-alih membicarakan kemenangannya, tindakan Medvedev yang mengomeli wasit Jaume Campistol selama pertandingan lah yang justru mendominasi obrolan pascalaga.

Baca juga: Medvedev libas Tsitsipas untuk bertemu Nadal di final Australian Open

"Apakah kamu marah? Apakah kamu marah? Ayah (Tsitsipas) bisa memberikan instruksi di setiap poin?" teriak Medvedev kepada Campistol, dikutip AFP.

"Apakah kamu bodoh? Ayahnya bisa terus berbicara di setiap poin?

"Ayahnya bisa berbicara di setiap poin?

"Jawab pertanyaanku. Apakah kamu akan menjawab pertanyaanku? Apakah kamu bisa menjawab pertanyaanku?

"Apakah ayahnya bisa berbicara di setiap poin?"

Baca juga: Fakta final Australian Open 2022: Ashleigh Barty vs Danielle Collins

Setelah tak kunjung mendapat jawaban dari Campistol, Medvedev berteriak:

"Ya Tuhan, Ya Tuhan, kamu wasit yang buruk. Bagaimana bisa kamu menjadi wasit yang buruk di semifinal? Jawab. Lihat aku. Saya sedang berbicara kepadamu!"

Dalam jumpa pers usai laga, Medvedev mengatakan menyesali perbuatannya tersebut.

Pendapatan Medvedev, berdasarkan catatan ATP, sedikitnya sekitar 22 juta dolar AS (Rp316 miliar), sedangkan hadiah uang tunai pemenang Australian Open adalah 2 juta dolar AS (Rp28 miliar).

Medvedev akan melawan Rafael Nadal, yang sedang mengincar rekor 21 gelar Grand Slam, dalam final Australian Open, Minggu besok.

Baca juga: Nadal maju ke final Australian Open usai kalahkan Berrettini
Baca juga: Mladenovic dan Dodig juarai ganda campuran Australian Open

Pewarta: Shofi Ayudiana
Editor: Bayu Kuncahyo
COPYRIGHT © ANTARA 2022

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar