Yang perlu disiapkan adalah bagaimana mendukung ekosistem bisnis supaya mereka bisa terus meningkatkan kapasitas usaha...
Jakarta (ANTARA) - Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki optimistis produk dan merek lokal usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) Indonesia dapat bersaing di pasar dunia.

Optimisme itu disampaikan Teten setelah mengunjungi Brightspot Market (BrightspotMRKT) 2022 yang  memamerkan berbagai produk UMKM berkualitas atau setara dengan produk impor.

“Yang perlu disiapkan adalah bagaimana mendukung ekosistem bisnis supaya mereka bisa terus meningkatkan kapasitas usaha, mengembangkan inovasi produknya dan menjangkau pasar yang lebih luas,” katanya saat meninjau Brightspot Convergence yang diselenggarakan di Mall Senayan Park, Jakarta, sebagaimana dalam keterangan pers, Sabtu.

Baca juga: Teten: UMKM Indonesia punya modal pimpin masa depan ekonomi dunia

Dalam kesempatan tersebut, ia mengaku hampir tak mempercayai bahwa berbagai produk buatan UMKM lokal memiliki kualitas yang tinggi, inovatif, dan diminati pasar dalam negeri dan internasional.

Produk yang ditampilkan antara lain  makanan, fesyen, apparel/pakaian, kosmetik, dan parfum.

Ajang BrightspotMRKT 2022 merupakan acara tahunan yang dikenal menjadi panggung bagi para pengusaha lokal untuk memperkenalkan produknya masing-masing.

Sejak tahun 2009, Brightspot dirintis dan mengusung merek lokal Indonesia yang dianggap selalu punya potensi untuk dikembangkan.

Baca juga: Staf Khusus Menteri BUMN: Milenial BUMN harus pakai produk UMKM lokal

Mengusung tema Convergence (konvergensi), gelaran ini diramaikan lebih dari 90 vendor dari berbagai bidang usaha juga kreator yang menyajikan konsep nyata dari metaverse pelaku dan penikmat industri kreatif Indonesia.

Para peserta telah melalui proses ketat dalam kurasi produk, sehingga Brightspot dipercaya karena telah melahirkan banyak merek lokal.

Saat ini, BrightspotMRKT 2022 digelar selama lima hari, yakni pada 26-30 Januari 2022 di Senayan Park, Jakarta.

Meski tidak bisa hadir ke lokasi, konsumen tetap bisa berbelanja secara online melalui aplikasi dan situs Brightspot.

“Melalui pasar online yang semakin meluaskan pemasaran tanpa batas, menjadi wujud kemajuan industri kreatif Indonesia,” ucap Teten.

Pewarta: M Baqir Idrus Alatas
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2022