Jakarta (ANTARA) - Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki mengharapkan masyarakat serta para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) melakukan vaksinasi booster agar pemulihan ekonomi dapat tercapai.

“Pemulihan ekonomi UMKM tahun ini akan tercapai jika pelaku UMKM dan konsumen serta masyarakat luas telah divaksin dan dikuatkan dengan booster serta tetap jaga protokol kesehatan” katanya usai meninjau pelaksanaan vaksinasi booster di Kementerian Koperasi dan UKM, Jakarta, sebagaimana dalam keterangan pers, Sabtu.

Dalam rangka mengendalikan COVID-19 khususnya varian Omicron, Kemenkop bekerja sama dengan Ikatan Alumni Universitas Diponegoro (IKA UNDIP) dan United States Agency for International Development (USAID) menggelar vaksinasi booster bagi pelaku UMKM. Vaksinasi digelar di kantor Kemenkop mulai 29 hingga 30 Januari 2022.

Menurut Menkop, vaksinasi booster dilakukan agar pelaku UMKM dan masyarakat aman dari COVID-19 varian Omicron yang kini sedang meningkat tajam sekaligus mempercepat pemulihan ekonomi.

Baca juga: Menkop UKM dorong vaksinasi untuk percepat pemulihan ekonomi

Pihaknya mengharapkan semua unsur di dalam masyarakat dapat melakukan vaksinasi booster yang diberikan secara gratis karena kasus Omicron tinggi di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek).

”Sesuai arahan Menteri Kesehatan (Budi Gunadi Sadikin), Omicron sedang tinggi di Jabodetabek. Dengan vaksinasi booster maka diharapkan dapat dikendalikan, dan bulan Maret pulih," ujar dia.

Bagi pegawai dan karyawan Kemenkop, lanjutnya, vaksinasi akan dilakukan pada Rabu (3/2) hingga Jumat (5/2) mendatang.

Teten mengakui terdapat enam pegawai Kemenkop yang terjangkit COVID-19 dan saat ini sudah ditangani untuk melakukan isolasi mandiri. Untuk itu, Kemenkop belum menerapkan Work From Home (WFH)/bekerja dari rumah bagi karyawan.

Baca juga: Menkop UKM sebut kunci pemulihan ekonomi dengan vaksinasi

Pewarta: M Baqir Idrus Alatas
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2022