Jakarta (ANTARA) - Festival Film Sundance telah mengumumkan jajaran film pemenang kompetisinya tahun ini. Dikutip dari Associated Press, Minggu, beberapa di antaranya adalah film drama "Nanny", hingga film dokumenter "Navalny" dan "The Exiles".

Pemenang diumumkan Jumat (28/1) malam waktu setempat dalam upacara virtual.

“Nanny,” dari penulis-sutradara Nikyatu Jusu dan dibintangi oleh Anna Diop dan Michelle Monaghan, memenangkan Grand Jury Prize dalam kategori drama untuk penggambaran seorang imigran Senegal yang bekerja untuk sebuah keluarga kaya di New York City.

Penghargaan juri utama untuk film dokumenter diberikan kepada Ben Klein dan Violet Columbus untuk "The Exiles," di mana seorang pembuat film dokumenter berusaha untuk menyelesaikan film yang dia mulai pada tahun 1989 setelah pembantaian Lapangan Tiananmen.

Baca juga: Sundance Film Festival 2022 wajibkan peserta bawa bukti vaksin

"Navalny", tambahan rahasia yang terlambat untuk kompetisi, memenangkan penghargaan penonton dokumenter dan penghargaan favorit festival. Film mendebarkan Daniel Roher melacak pemimpin oposisi Rusia saat ia pulih di Berlin setelah diracun.

Penghargaan penonton untuk film drama AS jatuh ke "Cha Cha Real Smooth" karya Cooper Raiff, yang dibintangi Dakota Johnson sebagai ibu muda dari seorang putri remaja yang membentuk hubungan unik dengan lulusan perguruan tinggi baru-baru ini.
"Cha-Cha Real Smooth" (2022). (AP)


Pemenang hadiah juri utama dalam kategori sinema dunia antara lain “Utama,” yang menceritakan tentang pasangan lansia di Bolivia; dan “All That Breathes,” sebuah film dokumenter tentang saudara-saudara di Delhi yang berjuang untuk melindungi burung yang dikenal sebagai Layang-layang Hitam.

Penghargaan penonton sinema dunia diberikan kepada “Girl Picture,” sebuah film dewasa Finlandia tentang tiga gadis; dan “The Territory,” sebuah film dokumenter tentang perebutan area hutan hujan Amazon dan mereka yang berjuang untuk tanah tersebut.

"Penghargaan hari ini mewakili tekad individu visioner, yang karya dinamisnya akan terus mengubah budaya dan menciptakan wacana sepanjang tahun," kata CEO Sundance Institute Joana Vicente.

"Seluruh program tahun ini telah membuktikan bahwa apa pun konteksnya, penceritaan independen tetap menjadi alat penting dalam memperluas dialog kritis, dan kisah-kisah ini akan dan harus dibagikan," imbuhnya.

Adapun beberapa pemenang penghargaan Sundance tahun lalu tetap menjadi perbincangan Oscar, termasuk “CODA,” “Flee,” “Hive” dan “Summer of Soul.”

Film-film pemenang penghargaan akan diputar di platform online Sundance pada hari Sabtu dan Minggu ini.

"Apakah Anda menonton dari rumah atau salah satu dari tujuh layar satelit kami, Festival tahun ini menunjukkan konvergensi yang kuat; kami hadir, bersama, sebagai komunitas yang terhubung melalui karya," kata Direktur Sundance Film Festival Tabitha Jackson. "Dan itu adalah pekerjaan yang telah mengubah mereka yang mengalaminya," imbuhnya.

Baca juga: Festival Film Sundance tahun ini digelar secara daring

Baca juga: Cegah Omicron, Festival Film Sundance wajibkan peserta vaksin booster

 Baca juga: Festival Film Sundance 2022 umumkan daftar film yang akan diputar

Penerjemah: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2022