Mamuju (ANTARA News) - Gubernur Provinsi Sulawesi Barat meminta duta wisata Indonesia, Nadine Chandra Winata, bersedia diangkat menjadi duta wisata Provinsi Sulbar.

"Alangkah terhormatnya pemerintah di Provinsi Sulbar kalau Nadine Chandra Winata, yang telah bersedia menjadi duta wisata Kabupaten Mamuju, juga turut bersedia dinobatkan menjadi duta wisata Provinsi Sulbar," kata Gubernur Sulbar, Anwar Adnan Saleh, pada acara pada sidang paripurna istimewa DPRD Mamuju dalam rangka memperingati HUT Mamuju ke-471 di Mamuju, Kamis.

Acara peringatan HUT Mamuju dipimpin Ketua DPRD Mamuju, Sugianto didampingi Bupati Mamuju, Suhardi Duka.

Peringatan HUT Mamuju itu dipusatkan di Hotel D Maleo Mamuju dihadiri sekitar 1.000 orang tamu undangan, di antaranya anggota DPRD Mamuju, Pejabat Pemkab Mamuju tokoh adat, tokoh masyarakat, dan tokoh agama serta tokoh masyarakat Mamuju dari perantauan di seluruh wilayah Indonesia.

Gubernur mengatakan, Nadine yang juga mantan putri Indonesia telah dinobatkan menjadi duta wisata Kabupaten Mamuju pada HUT Mamuju ke-471. Nadine dinobatkan menjadi "keke baine" atau putri Kabupaten Mamuju.

Nadine dinobatkan menjadi duta wisata oleh Pemerintah Kabupaten Mamuju untuk melakukan promosi wisata di Mamuju karena dianggap sosok yang punya integritas membangun daerah serta dianggap bersih dan tidak pernah diterpa isu negatif di masyarakat.

Oleh karena itu ia juga sangat berharap agar Nadine Chandra Winata bersedia menjadi duta wisata Provinsi Sulbar untuk mempromosikan seluruh potensi budaya di lima kabupatennya ke seluruh wilayah Indonesia.

"Sulbar terus menggenjot promosi potensi budaya yang dimilikinya dengan menjadi tuan rumah Kemilau Sulawesi pada tanggal 9-12 Juli tahun 2011. Kegiatan itu merupakan program kementrian kebudayaan pariwisata untuk mempromosikan wisata yang sangat kaya di Pulau Sulawesi," katanya.

Ia mengatakan, dengan Kemilau Sulawesi yang digelar itu membuat Sulbar telah mampu melaksanakan "event" nasional karena "event" itu turut dihadiri Mentri Koordinator Kesejahteraan Rakyat, Agung Laksono.

"Pemerintah berharap promosi wisata di Sulbar dapat terus dilanjutkan sehingga sosok seperti Nadine yang sudah dinobatkan menjadi duta pariwisata negara ini sangat penting untuk membantu Provinsi Sulbar dengan menjadi duta wisatanya," katanya. (MFH/Y006/K004)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2011