Jakarta (ANTARA) - Pemain tim nasional Argentina Julian Alvarez telah setuju untuk bergabung dengan Manchester City dari River Plate, demikian konfirmasi klub asal Argentina tersebut pada Minggu.

Presiden River Plate Jorge Brito mengonfirmasi bahwa City telah menebus klausul rilis pemain berusia 21 tahun itu, tetapi menambahkan bahwa dia baru akan pindah pindah ke Inggris paling cepat Juli setelah menandatangani untuk langsung dipinjamkan ke klub Buenos Aires tersebut.

Alvarez membantu membawa River Plate meraih gelar liga Argentina pada November lalu dengan 18 gol. Dia melakukan debut internasionalnya tahun lalu, menjadi bagian dari skuad timnas Argentina yang memenangkan Copa America pada Juli 2021.

“Bila Anda melihat semua yang telah dilakukan Julian, kemungkinan besar klausul rilisnya akan ditebus,” kata Brito kepada Fox Sports, yang dikutip Reuters. "Hal tersulit adalah menyetujui langkah pinjaman, karena Julian praktis tak tergantikan dalam skuad."

Baca juga: Negosiasi Man City untuk dapatkan Julian Alvarez berjalan lancar

Brito mengungkapkan bahwa Alvarez akan tetap di River Plate hingga 7 Juli dan kontrak tersebut berisi klausul yang memungkinkan dia untuk tinggal selama paruh kedua tahun ini bila River Plate mencapai tahap akhir Copa Libertadores.

Surat kabar Argentina Ole melaporkan bahwa City akan membayar River Plate 19 juta poundsterling (sekitar Rp366 miliar) untuk Alvarez, menjadikannya penjualan termahal klub sejak Javier Saviola pindah ke Barcelona pada 2001.

Pelatih River Plate Marcelo Gallardo mengonfirmasi kesepakatan itu.

"Ini kesepakatan yang bagus karena dia bisa tinggal bersama kami lebih lama dan bergabung dengan klub besar, salah satu tim papan atas di dunia dengan kekuatan ekonomi yang besar," katanya setelah timnya mengalahkan Platense 3-0.

Saat ini City belum membutuhkannya dan kami tidak perlu mencari pemain dengan kualitas seperti dia, yang akan sangat sulit."

Dengan menandatangani Alvarez, Manchester City memperkuat lini depan mereka setelah menjual striker Spanyol Ferran Torres ke Barcelona pada Januari.

Baca juga: Klasemen Liga Inggris: keunggulan City terpangkas jelang jeda
Baca juga: Donny van de Beek sepakat dipinjamkan MU ke Everton

Pewarta: Hendri Sukma Indrawan
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2022